8 Perubahan Kecil Demi Jantung Sehat

Kesehatan jantung
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Penyakit jantung disebut sebagai pembunuh sekitar setengah juta wanita setiap tahun. Lebih berbahaya dari kanker dan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pernapasan. The American Heart Association (AHA) pun mengeluarkan pedoman baru untuk mencegah penyakit jantung pada wanita. 
Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Dilansir iVillage, organisasi ini merekomendasikan tes fungsi jantung mulai usia 20. Tes ini termasuk tes tekanan darah setiap dua tahun, mengukur berat badan, indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang, serta tes kolesterol setiap lima tahun. 
Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

"Jika Anda sudah memiliki gejala penyakit jantung, seperti memiliki kesulitan melakukan aktivitas, kelelahan yang tidak biasa, kecemasan, gangguan pencernaan atau sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter kardiolog," kata Dr Joanne Foody, M.D, direktur Brigham and Women's Hospital yang menangani bidang kardiovaskuler. Foody juga menyarankan beberapa perubahan gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung seperti berikut:
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

1. Kurangi Porsi Makan

Obesitas merupakan faktor pemicu gangguan jantung. Untuk itu, mengurangi porsi makan sangatlah penting. Menurut Foody, yang merupakan profesor dari Harvard Medical School, Boston, trik paling mudah mengurangi porsi makan adalah dengan mengganti ukuran piring dengan piring yang lebih kecil. 

2. Perbanyak Air

Bagi Anda yang masih maniak minuman soda, perlu diketahui bahwa satu kaleng minuman rata-rata mengandung 130 kalori dan delapan sendok teh gula. Melebihi patokan dari AHA yang mengatakan, wanita membutuhkan 100 kalori dan enam sendok teh gula setiap harinya. 

Selain membuat berat badan bertambah, gula juga dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, rendahnya tingkat HDL (kolesterol sehat), dan kadar trigliserida tinggi yang mengancam jantung dan diabetes. Berhenti mengkonsumsi minuman soda dan beralih pada air putih. 

3. Bergerak Lebih

Lakukan latihan ringan secara rutin. 10 sampai 15 menit per hari. "Peningkatan jumlah aktivitas sehari-hari member efek dramatis. Berjalan 10.000 langkah sehari setara dengan 45-60 menit latihan aerobic," papar Foody.

Bersambung,,,


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya