Tiga Cara Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

Stressball
Sumber :
  • Prevention
VIVAlife -
Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?
Pengaturan pola makan dan olahraga sudah dilakukan tapi tekanan darah belum bisa kembali normal. Menstabilkan tekanan darah memang tidak mudah, bahkan kadang terus meningkat.

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

Ada kabar baik, tanpa bantuan obat Anda ternyata bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini menurut hasil review American Heart Association terhadap 1.000 penelitian terkait terapi tekanan darah. Hasilnya, ada tiga cara alami yang bisa dilakukan.
Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?


“Banyak sekali informasi terkait terapi alternatif menurunkan tekanan darah, tanpa obat," kata Robert Brook, MD, kepala peneliti dan profesor medis di University of Michigan, dikutip dari
Prevention
.


1. Latihan meremas stressball

Siapkan bola mungil yang lembut atau
stressball.
Remas-remas bola tersebut, buat kontraksi pada otot tangan Anda dengan cepat dan singkat. Bukan hanya mengurangi stres. Latihan ini menurut Brook, dapat langsung dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk rileks. Coba remas dan lepas bola secara bergantian selama sekitar 12 hingga 15 menit, sebanyak tiga kali seminggu.


2. Napas perlahan

Berlatihlah untuk 'menikmati' tiap tarikan napas Anda, dengan napas secara perlahan. Lakukan selama sekitar 15 menit. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang suka melatih napas dan bernapas secara perlahan, akan mengalami perubahan positif pada sistem saraf pusatnya. Terjadi relaksasi pembuluh darah sehingga memudahkan darah mengalir dapat menurunkan tekanannya. Untuk itu, latihan pernapasan secara teratur sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi.


3. Meditasi

Meditasi terdengar sederhana tapi berdampak luar biasa bagi kesehatan Anda. Dengan duduk tenang dan menikmati udara yang masuk ke dalam tubuh, meditasi menjadi cara efektif untuk mengurangi level stres yang berdampak langsung pada tekanan darah. Pejamkan mata, tenangkan pikiran, dan cobalah nnikmati aktivitas menenangkan ini. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya