'Saingi' Girlband, Trie Utami & Andi Rianto Bentuk Grup Vokal

Grup Vokal Sparkling
Sumber :
  • Rizky Sekar Afrisia/ Vivanews

VIVAlife- Berusaha keluar dari dominasi girlband dan boyband yang melanda Indonesia, musisi senior Trie Utami dan Andi Rianto membentuk vocal group.

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Sparkling, grup vokal yang terdiri dari empat personel perempuan itu didapat dari pemenang Festival Vocal Group Indomaret (FOGI) tahun 2010.

Senin, 6 Mei 2013, Sparkling meluncurkan album perdana dengan delapan lagu lama yang diaransemen kembali, dan dua lagu baru ciptaan Trie Utami serta Rieka Roeslan.

Sebagai vocal director sekaligus juri di FOGI, Iik -sapaan akrab Trie Utami mengelak jika grup empat perempuan bentukannya itu disebut 'girlband'. Menurutnya, saat ini industri musik Indonesia tengah diisi penyanyi-penyanyi yang seragam.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Alasan itulah yang membuatnya ingin memberikan sesuatu yang berbeda dan variatif. Baginya, kemunculan Sparkling sekaligus menjawab regenerasi yang pernah terputus dalam tubuh grup vokal.

"Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tidak ada regenerasi," ujar Iik saat ditemui di Indomaret Point, Kemang.

Bagi Iik, Sparkling bisa menjadi penyanyi dengan gradasi suara yang indah dan baik setelah grup Elfa's Singer, Warna, AB3, dan Penta Boys yang eksis di tahun 1980-an sudah tak lagi populer.  Lagu-lagu lama yang dinyanyikan Sparkling dalam album perdana mereka, tak lantas membuat citra mereka terkesan 'lawas'. Lagu-lagu itu bahkan sengaja dipilih untuk menegaskan kualitas masing-masing personelnya.

Pongky Barata, vokalis Jikustik yang lagunya ikut diaransemen ulang dalam album Sparkling, mengakui hal itu. "Setelah saya dengar, bengong. Lebih bagus versi mereka daripada saya. Nyanyinya magis," komentar suami Sophie Novita itu.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Menurutnya, kolaborasi vocal director dan music director arahan Iik dan Andi Rianto, bisa menghasilkan musik dengan cita rasa seni tinggi, tak sekadar mengikuti tren industri. Sparkling sendiri optimistis, lagu-lagu lama yang mereka bawakan, akan didengar secara berbeda oleh generasi muda.

"Itu lagu-lagu yang hits pada zamannya. Apalagi aransemennya dibuat sedemikian rupa, sampai yang mendengarkan nggak tahu kalau itu lagu lama," ungkap Shelya, salah satu personel Sparkling.

Iik mengakui, pemilihan lagu memang menjadi hal penting dalam pembentukan album Sparkling. Ia dan Andi sengaja memilih lagu-lagu lama, karena hanya lagu-lagu zaman 80-an dan 90-an yang dianggap cukup baik secara estetika dan struktur musik.

"Kalau terlalu membedakan 'lawas' dan 'baru', kita akan kehilangan esensi soal kualitas dan diferensiasi untuk kelompok vokal. Konsepnya, bagaimana kita menyajikan singing in group," ujar mantan juri AFI itu mantap.

Album perdana Sparkling berisi lagu O Ya (Dian PP/ Deddy Dhukun), Sekali Ini Saja (Glenn Fredly), Biru (Dian PP/ Deddy Dhukun), Wow (Oddie Agam), Setia (Pongky Barata), Melayang (Dian PP/ Deddy Dhukun), Surat Cinta (Oddie Agam), dan Tinggal Bilang (Adjie Soetama), Mataharimu (Trie Utami), juga Satukan Cinta (Rieka Roeslan). (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya