VIVALIFE

FOTO: Menilik Keajaiban Kuno Seputar Asia

Bangunan disebut sebagai keajaiban yang dibuat tangan manusia.
Selasa, 7 Mei 2013
Oleh : Wuri Handayani, Marlina Irdayanti
Kota Terlarang, Beijing.
VIVAlife - Sederet bangunan-bangunan kuno di seputaran Asia menyisakan sejarah yang patut ditelusur. Bangunan itu bahkan disebut sebagai keajaiban yang dibuat oleh tangan manusia. Jauh dari proyek rekayasa, tapi justru mampu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Apa saja?

1. Banaue Rice Terraces, Filipina

Banaue menjadi salah satu keajaiban kuno karena memiliki terasering yang indah. Terutama dalam hal ketinggian dan luas, terasiring ini disebut sebagai areal sawah paling menakjubkan yang dibuat selama dua ribu tahun terakhir hanya dengan tangan.

2. Taj Mahal, India

Salah satu bangunan yang paling terkenal di dunia yang memiliki cerita romantis adalah Taj Mahal. Bangunan marmer ini didirikan tahun 1660-an oleh Kaisar Shah Jahan sebagai makam untuk istrinya. 

3. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat merupakan salah satu fitur wisata di Kamboja yang banyak diburu wisatawan asing. Arsitektur dan ukiran batu yang rumit merupakan karya konstruksi yang sangat mengesankan. Keunikan lain dari Angkor wat adalah akar-akar beringin yang membungkus bangunan kuno tersebut.

4. Potala Palace, Tibet

Istana Potala menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1653 dan 1889. Istana yang menghadap ibukota Tibet, Lhasa ini awalnya merupakan rumah musim dingin dan sekarang telah dijadikan sebagai museum.

5. Candi Borobudur, Indonesia

Keajaiban bangunan ini menjadi peninggalan keagamaan terbaik di dunia dan bahkan stupa terbesar di dunia. Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan sempat sempat terkubur setengah bagian karena bencana meletusnya gunung berapi. Bangunan candi kemudian dibersihkan dan kembali untuk dijadikan tujuan wisata. 

6. Qin Terracotta Army

Bangunan ini disebut-sebut sebagai salah satu penemuan arkeologi paling penting dari abad ke-20. Lebih dari 8.000 patung prajutit dan kuda yang terbuat dari tanah liat tertata rapi di dalamnya. Situs yang ditemukan secara tidak sengaja oleh petani pada tahun 1974 ini sampai sekarang masih dilakukan penggalian. 

7. Kota Terlarang, Cina

Selama hampir 500 tahun hingga tahun 1911, ada total 24 kaisar dari Dinasti Ming dan Qing yang  memerintah China dari balik tembok Kota Terlarang di Beijing. Sebuah kompleks besar istana kerajaan dan ruang seremonial itu sekarang menjadi museum umum. Kota Terlarang sebenarnya merupakan julukan bagi siapapun yang sebelumnya masuk ke kota yang menjadi tempat tinggal para Komunis China. Kota tersebut dikenal sebagai Kota Imperial.

8. Bagan, Mayanmar

Mengintip dari tengah hutan yang rindang, pagoda dan kuil-kuil berwarna emas di Bagan merupakan pemandangan kuno yang menakjubkan. Bagan dibangun sekitar abad ke-8 sampai ke-11. Diperkirakan sekitar 10.000 bangunan kuil berdiri di areal ini. Kota yang sempat menjadi pusat peradaban ini kini hanya ditinggali sekitar 300.000 orang. Lihat foto selengkapnya melalui galeri ini. 

***
Klik gonla.com untuk mendapatkan paket liburan hemat.
TERKAIT
TERPOPULER