Hati-Hati Kandungan Logam Beracun pada Lipstik

Lipstik
Sumber :
  • http://klimg.com

VIVAlife - Bagi banyak wanita, lipstik merupakan benda wajib yang diyakini bisa menunjang penampilan. Lipstik dapat membantu wajah terlihat segar. Karena itu benda kecil yang satu ini, sering sekali ditemukan dalam tas wanita.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Berkeley, AS, menemukan kandungan logam berat pada 32 produk lipstik dan lip gloss.

Dikutip dari laman Eurekalert, logam berat yang ditemukan adalah timbal, kadmium, krom, aluminium, dan lima jenis logam lainnya. Dan beberapa diantaranya memiliki kandungan logam berat yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Ini bukan yang pertama kalinya, para peneliti dari UC Berkeley menemukan kandungan logam pada lipstik. Sebelumnya para peneliti telah memperkirakan risiko dengan menganalisis konsentrasi logam yang terdeteksi dan potensi asupan harian konsumen yang kemudian membandingkan asupan ini dengan pedoman kesehatan yang ada.

"Jika hanya menemukan logam, sebenarnya tidak masalah, tetapi tingkat kandungannya yang menjadi penting. Beberapa logam beracun ditemukan pada tingkat yang berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang," Ujar S Katherine Hammond, profesor ilmu kesehatan lingkungan di UC Berkeley.

Lipstik dan lip gloss menjadi perhatian penting karena lipstik sering digunakan pada permukaan kulit dan kandungan pada lipstik akan terserap oleh tubuh sedikit demi sedikit. Begitupun pada lipstik yang ditimbulkan sebagai bekas ciuman.

Peneliti mengungkapkan, pada rata-rata pemakaian, terdapat kurang lebih 24 miligram dari bagian lipstik atau logam yang tertelan. Bahkan untuk pemakaian yang lebih tinggi, jumlah logam yang tertelan dapat mencapai 87 miligram per hari.

Rata-rata penggunaan beberapa jenis lipstik dan lip gloss akan menghasilkan paparan yang berlebihan terhadap kromium dan berpotensi menjadi tumor perut. Tingginya penggunaan produk ini juga dapat mengakibatkan akumulasi aluminium, kadmium dan juga mangan. Seiring waktu, paparan konsentrasi tinggi mangan dapat memicu terjadinya kerusakan sistem saraf.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Tahap Wajar

Sementara itu, kandungan timbal ditemukan pada 24 produk lipstik. Sebenarnya, kandungan timbal pada lipstik masih berada pada tahap wajar. Namun, kandungan tersebut berbahaya karena lipstik dan alat kosmetik lainnya sering dimainkan oleh anak-anak.

Saat ini tidak ada standar di Amerika Serikat untuk kandungan logam pada kosmetik. Namun di Uni Eropa, kandungan kadmium, krom dan timah sudah dilarang penggunaannya dalam jumlah berapa pun.

"Studi kami termasuk kecil, kami hanya menggunakan produk bibir yang telah diidentifikasi oleh perempuan Asia di Oakland, California. Namun, lipstik dan lip gloss dalam penelitian kami merupakan merek-merek yang banyak ditemukan di toko-toko dimana saja," kata Sa Liu, pimpinan studi ini. (ren)

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI
OIKN saat diskusi pengembangan ekosistem start up

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024