Kru Wanita Turkish Airline 'Haram' Pakai Kosmetik Merah

Cat kuku atau kuteks warna merah
Sumber :
VIVAlife -
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II
Lipstik dan cat kuku merah menyala selalu jadi andalan wanita. Tapi bagi para kru wanita Turkish Airlines, mereka dilarang keras mengenakan warna-warna merah terang. Alasannya, negara Turki kini makin Islami.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Warna merah menyala dianggap tidak mencerminkan nilai-nilai Islam. Perusahaan penerbangan nasional Turki ini pun memiliki warna khusus untuk para wanita kru penerbangan. Yaitu warna-warna pastel, yang jadi warna kosmetik yang wajib dikenakan.
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah


Menurut pihak dari Turkish Airlines, seperti dikutip dari NY Daily, warna pastel lebih menonjolkan warna alami dan bernuansa lebih hangat. Tak ada lagi sentuhan warna merah baik dalam seragam, lipstik, riasan, maupun cat kuku.


"Pedoman baru ini benar-benar keinginan manajemen Turkish Airlines untuk membentuk perusahaan yang sesuai dengan sikap politik dan ideologi bangsa sendiri," kata Atilay Aycin, ketua Hava-Is, serikat pekerja perusahaan seperti dikutip dari Reuters.


Kritik pun mengalir terkait kebijakan kontroversial ini. Menurut beberapa pihak, justru Turkish Airlines menerapkan kebijakan yang mencerminkan pengaruh nilai konservatif padahal perusahaan tersebut berkembang pesat secara modern.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya