TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam Begitu Penting

Tak jarang orang mengabaikan sikat gigi sebelum tidur.
Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam Begitu Penting
Sikat gigi di malam hari penting bagi kesehatan. (istockphoto)

VIVAlife - Kesehatan gigi kerap kali diabaikan banyak orang. Padahal, gigi berlubang bisa memicu seseorang terserang penyakit jantung, gangguan otak, dan bahkan kelahiran prematur.

Selain rutin memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali, masyarakat juga dianjurkan menyikat gigi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

"Pada malam hari, sisa-sisa makanan akan berkembang dua kali lipat lebih cepat menjadi bakteri. Kondisi inilah yang nantinya menyebabkan gigi berlubang," ujar Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), drg. Syarif Hidayat, SpKGA(K), saat ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

Ketika tidur di malam hari, mulut sama sekali tidak beraktifitas sehingga produksi air liur menjadi lebih sedikit. Saat inilah kuman yang berasal dari sisa makanan berkembangbiak. Kemungkinan kuman menempel pada gigi pun lebih besar.

Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam kuman dalam mulut yang dapat melarutkan permukaan gigi. Alhasil gigi menjadi berlubang.

"Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang di derita masyarakat di seluruh dunia, dan berbahaya," ucapnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP