Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam Begitu Penting

sikat gigi
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Kesehatan gigi kerap kali diabaikan banyak orang. Padahal, gigi berlubang bisa memicu seseorang terserang penyakit jantung, gangguan otak, dan bahkan kelahiran prematur.

Pastikan Gelar Bundesliga, Xabi Alonso Ingin Bawa Bayer Leverkusen Raih Treble Winner

Selain rutin memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali, masyarakat juga dianjurkan menyikat gigi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

"Pada malam hari, sisa-sisa makanan akan berkembang dua kali lipat lebih cepat menjadi bakteri. Kondisi inilah yang nantinya menyebabkan gigi berlubang," ujar Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), drg. Syarif Hidayat, SpKGA(K), saat ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

Ketika tidur di malam hari, mulut sama sekali tidak beraktifitas sehingga produksi air liur menjadi lebih sedikit. Saat inilah kuman yang berasal dari sisa makanan berkembangbiak. Kemungkinan kuman menempel pada gigi pun lebih besar.

Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam kuman dalam mulut yang dapat melarutkan permukaan gigi. Alhasil gigi menjadi berlubang.

"Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang di derita masyarakat di seluruh dunia, dan berbahaya," ucapnya.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono

Mardiono Hadiri Halal Bihalal Golkar, Sinyal Gabung Koalisi Pemerintah?

Sejumlah tokoh dan politikus menghadiri acara halal bihalal Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024