Jenis Makanan Penangkal Penuaan Kulit

Kulit leher terawat
Sumber :
  • istockphoto.com
VIVAlife - Mengoleskan tabir surya merupakan menu wajib untuk mencegah penuaan kulit. Tapi ini saja tak cukup melindungi kulit dari paparan jahat sinar matahari. Anda wajib mengimbangi dengan asupan antioksidan yang memaksimalkan kerja tabir surya. Dilansir Realbeauty, berikut daftar makanan anti penuaan yang mampu melindungi kulit.
100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Tomat 
Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Dermatolog asal Los Angeles mengatakan bahwa lycopene dan antioksidan poten pada tomat mampu menangkal partikel buruk sinar matahari yang dapat menimbulkan flek pada kulit.
Posko THR Lebaran 2024 Ditutup, Kemnaker Ungkap Jumlah Aduan Menurun dari Tahun Sebelumnya

Sebuah penelitian di Jerman juga menemukan bahwa pasta tomat yang digunakan sebagai masker dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat sinar matahari.

Goji berri

Penelitian yang dilakukan kepada hewan menunjukkan bahwa buah goji berri dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres oksidatif. Stres ini disebabkan oleh radiasi sinar UVA. Selain itu, goji berri juga dapat mengurangi sengatan sinar matahari yang meyebabkan induksi inflamasi dan pembengkakan.

Jeruk 

Vitamin C berlimpah dalam jeruk mampu melindungi kulit terhadap paparan sinar UV dan dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan sunburns. Jeruk juga dikenal dapat mengurangi aktivitas enzim yang diaktifkan oleh paparan UV. 

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifonel, yang merupakan pelindung kulit dari sinar UV. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau selama 12 minggu dapat meringankan kemerahan karena kulit terbakar.

Cokelat hitam

Cokelat tanpa campuran susu ini memiliki flavonoid sebagai antioksidan. Zat tersebut dapat membantu menghambat proses kimia berbahaya serta sinar UV penyebab kanker kulit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya