Ketahui 6 Penyakit Kulit pada Orang Dewasa

Ilustrasi alergi.
Sumber :
VIVAlife
Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan
- Kulit merupakan struktur kompleks yang membentuk jaringan tubuh yang kuat dan keras. Namun karena terletak di bagian luar tubuh, gangguan pada kulit sering dianggap sepele.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Bagi orang dewasa khususnya, penyakit kulit seperti gatal dan ruam kulit cenderung diabaikan. Padahal, jika dibiarkan bisa merembet ke bagian tubuh lain. Untuk itu, kenalilah beberapa penyakit kulit yang rentan menyerang orang dewasa berikut ini seperti dikutip laman
Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
WebMD :

- Herpes

Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang ditandai rasa kesemutan, kulit sensitif, dan rasa seperti terbakar. Tanda awal timbul sedikit ruam yang kemudian melepuh dan menyakitkan. Kondisi ini umumnya berlangsung selama dua pekan.


Umumnya, penyakit ini menyerang batang tubuh dan bokong atau bisa juga muncul di bagian tubuh lainnya. Pada sebagian orang, penyakit ini dapat disembuhkan. Namun, sebagian orang lainnya masih sering mengalami kesemutan, gatal, dan nyeri hingga berbulan-bulan bahkan menahun. Herpes dapat diatasi dengan pengobatan antivirus, steroid, dan antidepresan.


- Hives

Hives atau urtikaria, biasa dikenal dengan biduran merupakan reaksi alergi yang ditandai dengan rasa gatal menyengat dan terbakar, sehingga meninggalkan bekas. Biduran dapat muncul di mana saja dan gatal yang memunculkan pembengkakan atau bentol dengan berbagai ukuran. Penyebabnya bisa karena banyak faktor, mulai penggunaan obat, makanan, suhu ekstrem, atau infeksi lainnya.


- Psoriasis

Jenis penyakit kulit ini tak menular. Pada kulit, bentuknya seperti plak merah tebal ditutupi dengan sisik putih. Biasanya psoriasis muncul di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bagian bawah.


Penyebabnya belum diketahui pasti. Namun, sistem kekebalan tubuhlah yang memicu sel kulit ini berkembang dengan cepat. Walau tidak berbahaya, yang harus diketahui, penyakit ini akan diderita seumur hidup.


- Eksim

Eksim ditandai dengan kulit meradang, merah, kering, dan gatal. Biasanya eksim disebabkan iritasi terhadap beberapa produk sabun, adanya riwayat alergi, stres, dan sensitif pada iklim tertentu. Pada orang dewasa, eksim terjadi pada siku dan tangan, atau daerah yang lentur.


- Melepuh

Biasa disebut dengan
cold sores,
penyakit kulit ini disebabkan virus herpes simpleks dan timbul di bagian mulut serta hidung. Tandanya ada luka kecil, merah, menyakitkan, melepuh berisi cairan. Penyakit kulit ini berlangsung sekitar 10 hari dan terbilang penyakit menular.


Pemicunya karena perubahan hormonal selama menstruasi dan terlalu lama terpapar sinar Matahari. Tak perlu khawatir, karena penyakit ini dapat diatasi dengan pil antivirus atau krim. Kalau cairan sudah berisi nanah dan menyebar kemerahan, disertai demam dan iritasi, segera periksakan ke dokter.


- Kutil

Pada beberapa kasus, kutil muncul pada bagian jari atau tangan. Penularannya melalui virus, karena adanya kontak dengan orang yang menderita kutil, dan menggunakan sesuatu bersamaan.


Cara untuk mengatasinya adalah dengan menutupi kutil menggunakan perban dan menjaga kutil agar tetap kering. Dalam beberapa kasus, penyakit ini tidak berbahya, tanpa rasa sakit, dan akan menghilang dengan sendirinya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya