Intip Makanan Favorit Astronot dalam Misi Luar Angkasa

dapur pesawat luar angkasa
Sumber :
VIVAlife - Sama halnya dengan kita yang akan melakukan perjalanan jauh, para astronot juga membawa bekal makanan selama perjalanan mereka. Bedanya, makanan mereka disiapkan oleh bagian teknologi pangan NASA.
Indonesia U-23 Vs Jordania U-23, Penalti Marselino dan Sepakan Terukur Witan

Bagian ini bertanggung jawab menyediakan makanan yang aman, bergizi, seimbang dengan massa kendaraan luar angkasa, perhitungan sampah yang dihasilkan, dan ketepatan waktu pengolahan selama misi berjalan.
MK Dibanjiri Karangan Bunga, TKN: Lebih Elegan, Ketimbang Harus Turun ke Jalan
 
Selama 50 hari terakhir para kru hanya dibekali makanan dari biji-bijian, biskuit, udang kering, dan irisan daging. Sebelumnya, Yuri Gagarin adalah manusia luar angkasa pertama yang bereksperimen dengan bekal daging cincang dan saus cokelat untuk menu makan siang. Makanan ini dikemas dalam kemasan mirip pasta gigi seberat 160 gram. 
Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Untuk mengatasi kebosanan menu, para artronot dalam misi Apollo diperbolehkan memilih kombinasi menu sendiri. Udang koktail, ayam, sayuran, puding, dan saus apel, dan merasakan air panas untuk menyeduh minuman atau makanan. Mereka juga kelompok astronot yang bisa makan dengan normal, menggunakan mangkuk dan sendok. Setelah sebelumnya harus makan dari kemasan praktis agar tidak berhamburan. 

Dilansir Amusingplanet, salah seorang astronot Sandra Magnus yang tergabung dalam International Space Station ekspedisi 18 bahkan bisa memasak untuk timnya. Magnus memasak satu kaleng ayam dan sayuran, yang dicampurkan dengan potongan buah zaitun, tomat kering, dan pasta.

Senjatanya, hanya satu. Perekat bening berukuran besar. Ia melekatkan buah yang telah dipotong-potong pada perekat ini agar tidak terbang. Demikian juga dengan sayuran cincang. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya