FOTO: Menyusuri Terowongan Air Militer Beihai

Kepulauan Matsu
Sumber :
  • REUTERS/Pichi Chuang

VIVAlife - Nama Kepulauan Matsu memang masih terdengar asing bagi para pecinta travel. Namun, kepulauan yang berlokasi di utara Taiwan ini, menyimpan berbagai objek wisata menarik. Ini karena dahulunya Kepulauan Matsu merupakan garis depan pertahanan melawan China.

Di Kepulauan ini, wisatawan bisa menemukan sejumlah fasilitas militer, seperti terowongan bawah tanah, benteng, hingga pelabuhan. Kini, sebagian bangunan militer itu dibuka untuk umum. Tengok saja terowongan 88 di Pulau Nangan. Di gudang bawah tanah ini, wisatawan bisa melihat sejumlah guci wine tua.

Rukun Raharja Cetak Laba Bersih US$8 Juta di Kuartal I-2024

Objek lainnya yang bisa ditemui di Pulau Nangan adalah terowongan air militer Beihai. Berlokasi di Pantai Tieban, terowongan Beihai merupakan jalur air bawah tanah yang sengaja dibangun militer selama periode perang dingin. Terowongan ini berfungsi sebagai dermaga bawah tanah dan tempat menyimpan peralatan militer lainnya.

Terowongan Beihai dibangun pada tahun 1968 dan baru selesai dua tahun kemudian. Terowongan ini memiliki panjang 193 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 12 meter.

Selain dinamit, terowongan Beihai digali dengan menggunakan tangan, sekop, dan hand spike. Terowongan dibuka untuk umum pada Agustus 2001, setelah direnovasi oleh Matsu National Scenic Area Administration.

Klik untuk melihat foto objek wisata di Kepulauan Matsu. (sj)

Global Action Needed to Protect Children from Lethal Explosive Weapons
Anies-Muhaimin, Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024 di MK.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

Anies Baswedan mengatakan bahwa masih ada banyak pesan dari MK usai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan KPU sebagai capres cawapres terpilih

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024