VIVALIFE

FOTO: Kelezatan Menu Sarapan dari 10 Negara

Kaya nutrisi, dengan rasa yang nikmat. Sajiannya sangat menggoda.
Selasa, 14 Mei 2013
Oleh : Mutia Nugraheni
Menu sarapan khas Thailand

VIVAlife - Bubur ayam, ketupat sayur, nasi goreng atau mi rebus. Menu-menu ini jadi sarapan favorit masyarakat Indonesia. Membuka hari dengan makanan lezat jadi cara yang tepat untuk memanjakan perut dan lidah. Suasana hati pun jadi lebih baik karena perut sudah kenyang dan Anda siap beraktivitas.

Victoria Philpott, seorang food blogger, mendokumentasikan menu-menu sarapan dari berbagai negara. Telur ternyata jadi menu sarapan favorit di banyak negara. Ada juga  sajian unik. Berupa irisan daging rusa pada menu sarapan warga Alaska, Amerika Serikat.

Ingin tahu seperti apa sarapan di negara-negara lainnya? Berikut menu sarapan lezat di Alaska, Jepang, India, Ghana, Thailand, Australia, Turki, Meksiko, Polandia dan Filipina.

1. Alaska, Amerika Serikat
Dalam satu piring terdapat sumber protein. Antara lain, daging rusa kutub yang telah diiris tipis dan dikeringkan.

"Daging rusa kering, disajikan dengan telur dan pancake," tulis  Philpott hostelbookers.com.

2. Jepang
Tofu merupakan menu sarapan populer di Jepang. Disajikan dengan ikan kering dan nasi. Biasanya dicelupkan pada soya sauce untuk memperkaya rasanya.

3. India
Kentang dengan taburan rosemary dipanggang hingga bertekstur empuk. Ada juga tofu orak-arik dengan kacang lentil, sayuran dan roti panggang.

"Menu sarapan di India sangat bervariasi tergantung pada daerah tetapi variasi masih pada garis yang sama," tulis Philpott.

4. Ghana

Menu sarapan yang umum di negara Afrika adalah Waakye. Ini merupakan sajian nasi yang dimasak dengan kedelai. Di Ghana, Waakye dapat dengan mudah ditemui pada pagi hari di penjaja makanan pinggir jalan. '

5. Thailand

Menurut Philpott, Anda akan dengan mudah menemui menu sarapan khas di banyak hidangan di warung-warung Thailand. Berupa ikan pedas dan babi manis pedas, yang disajikan dengan nasi hangat.

6. Australia

Hanya ada satu bahan penting di menu sarapan khas Australia, Vegemite. Ini merupakan selai yang terbuat ekstrak ragi. Rasanya asin dan gurih, biasa disajikan dengan mengoleskannya pada biskuit atau roti tawar.

7. Turki
Menu sarapan di Turki cukup beragam. Merupakan perpaduan kuliner Eropa dan timur tengah. Seperti keju, mentega, zaitun, tomat, mentimun, selai, madu dan daging pedas.

8. Meksiko
Begitu banyak pernik-pernik dalam satu piring menu sarapan ala Meksiko. Seperti daging iris yang telah dikeringkan di atas Chilaquiles, yaitu tortilla jagung yang digoreng. Ada juga keripik Nachos yang disajikan dengan keju dan kacang-kacangan dengan rasa pedas.

9. Polandia

Menu sarapan yang umum di Polandia adalah Jajecznica. Berupa orak-arik telur dengan Kielbasa (olahan daging) dan pancake kentang.

10. Filipina

Sajian sarapan Filipina cukup banyak. Antara lain, irisan mangga segar, nasi dan sosis mungil atau disebut Longganisa. Ada juga nasi yang digoreng dengan bawang putih dan garam yang dikenal dengan Sinangag. Nasi Sinangag ini lalu dikombinasikan dengan telur, daging dan kacang-kacangan.

Anda bisa melihat seperti apa sajian menu sarapan lezat dari 10 negara tersebut di tautan galeri foto ini.

TERKAIT