7 Bahan Manis Pengganti Gula

Ilustrasi gula
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang peduli pada kesehatan. Salah satunya menjaga asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Gula adalah salah satu bahan utama yang paling dihindari jika ingin menjaga kesehatan tubuh. Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus benar-benar mengkonsumsi makanan dan minuman tanpa rasa manis.

Rasa manis dapat Anda dapatkan dari beberapa bahan pengganti gula berikut ini seperti dilansir laman Allwomenstalk.

1. Madu
Madu adalah pengganti gula yang paling populer dan banyak digunakan. Memasak dengan menggunakan madu membuat masakan menjadi lebih kaya rasa dan cita rasa yang dihasilkan berbeda-beda tergantung dengan jenis madu yang Anda gunakan.

2. Stevia
Stevia merupakan tanaman yang tumbuh di Amerika Selatan dan saat ini pamornya semakin naik sebagai pengganti gula. Walaupun begitu, stevia belum dinyatakan sebagai makanan yang aman dikonsumsi oleh FDA. Rasa manis stevia 300 kali lipat dari rasa manis gula.

3. Molasses
Walaupun molasses merupakan byproduct gula, beberapa orang masih mempertimbangkannya sebagai pengganti gula yang lebih sehat. Molasses memiliki cita rasa yang lebih kuat, namun tidak semanis gula. Bahkan, faktanya molasses mengandung lebih banyak asam daripada gula.

4. Sirup beras merah
Sirup yang terbuat dari beras merah memiliki rasa yang hampir sama dengan karamel dan butterscotch. Satu sendok teh sirup beras merah hanya mengandung sekitar 13 kalori. Tak hanya itu, sirup beras merah juga sangat menyehatkan karena mengandung zinc, magnesium dan sederet vitamin serta nutrisi lainnya.

5. Sirup maple
Sirup maple seringkali digunakan sebagai teman makan pancake atau sebagai bahan tambahan roti, kue dan pastry. Walaupun rasanya tidak terlalu manis, sirup maple memiki cita rasa buah maple yang kuat dan lebih kaya rasa.

6. Agave nectar
Agave nectar sering disebut sirup agave merupakan pemanis yang diproduksi secara komersil dari beberapa spesies agave termasuk Agave tequilana (agave biru) dan Agave salmiana. Agave nectar memiliki rasa yang lebih manis daripada madu dan konsistensinya lebih encer dibandingkan dengan madu. Tanaman ini umumnya tumbuh di Meksiko dan Afrika Selatan.

7. Whey low
Whey low adalah alternatif alami pengganti gula yang terbuat dari campuran fruktosa, laktosa dan sukrosa. Walaupun memiliki rasa manis, whey low sangat rendah kalori dan tidak memiliki efek negatif seperti gula biasa.

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya
Rezky Aditya

Viral Rezky Aditya Terciduk Dispatch Korea, Citra Kirana: Si Paling Pede!

Rezky Aditya dan Citra Kirana baru-baru ini berlibur ke Korea Selatan. Menariknya dalam liburan bersama keluarga kecilnya kali ini, Rezky Aditya keciduk Dispatch. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024