« Kembali
Mereka yang Bercerai di Usia Senja
Ada yang saling serang, tapi ada juga yang mengaku masih cinta.
Finalia Kodrati, Rizky Sekar Afrisia, Heryu Nandiasa, Stella Maris
Sabtu, 18 Mei 2013, 00:03 WIB
Ivan Gunawan dan Venna Melinda di ruang sidang (VIVAnews/Beno Junianto)
Ivan Gunawan dan Venna Melinda di ruang sidang (VIVAnews/Beno Junianto)

VIVAlife – Hari itu seharusnya menjadi yang spesial bagi pasangan Camelia Malik dan Harry Capri. Hari di mana pasangan ini seharusnya memperingati dua puluh lima tahun pernikahan mereka. Ya, tapi pedangdut yang akrab disapa Mia itu, malah mengumumkan perceraiannya dengan sang suami, Harry Capri. Ironis.

"Saya merasa bahwa hari ini menjadi orang bodoh, nggak bisa berucap yang sebenarnya," kata Mia sambil terisak.

Entah apa alasan Mia, memilih hari tersebut. Yang jelas, air matanya terus berurai saat membeberkan seputar perceraiannya itu. Sementara, di sampingnya, Harry tampak tertunduk tanpa sepatah kata.

Saat awak media memintanya memberi tanggapan, tangisannya meledak. Masih tanpa kata-kata. Ia hanya mampu menutupi wajahnya dengan kedua tangan. Dan Mia pun dengan sigap mengelus bahu sang suami. Lembut dan masih menyiratkan kasih sayang.

Namun, perceraian ini sudah menjadi keputusan mereka. Mengejutkan memang, karena selama ini Mia dan Harry digadang-gadang sebagai pasangan harmonis. Bahkan, mereka kerap menjadi contoh para pasangan muda dalam urusan membina rumah tangga.

Tapi, begitulah sepenggal kisah mereka. Lamanya usia pernikahan, tak menjamin kelanggengan pernikahan. Mia menggugat cerai Harry ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 30 April lalu. Disusul dengan sidang perdana perceraian yang baru akan digelar 23 Mei mendatang.

Mengenai alasan gugatan cerainya, Mia pun enggan membeberkan gamblang. Ia hanya menyatakan bahwa keputusan ini sudah dipikirkan dengan sangat matang. "Kami sudah satu tahun tidak serumah. Dan selama ini sudah berusaha. Memang berat," ucapnya terbata-bata.

Dan yang membebani Mia dalam perceraian ini adalah kedua anaknya. Ia merasa sedih saat harus memberikan kenyataan pahit bagi putra-putrinya. Lebih sedih lagi ketika melihat buah hatinya menangis.  

Akhir Kisah "Ramadhan-Ramona"

Mia dan Harry bukanlah pasangan yang harus bercerai di saat usia mereka tak muda lagi. Pasangan Lydia Kandau dan Jamal Mirdad juga membawa kabar yang sama. Keharmonisan mereka yang tertuang saat membintangi film legendaris "Ramadhan dan Ramona" sirna.

Lidya dan Jamal menyerah pada 27 tahun usia pernikahan mereka. Lydia mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Maret lalu. Dan sejak sidang perdana 18 April lalu, Jamal tak sekalipun menginjakkan kakinya di ruang persidangan.

Soal perceraian ini, Lydia belum banyak bicara. "Ya, pokoknya nggak mungkin kalau nggak ada masalah. Cuma kan nggak mungkin saya beberkan ya, biar saya sama Mas Jamal saja yang tahu." Demikian kata singkat yang telontar dari bibir ibu empat anak ini. 

Pun saat ditanya soal rumor orang ketiga yang disebut sebagai penyebab keretakan rumah tangga mereka. Jamal yang kini sibuk menjadi anggota DPR disebut-sebut memiliki wanita lain di hatinya. Konon, wanita itu berprofesi sebagai model.

Lidya membantah isu tersebut. "Nggak ada KDRT, sama sekali nggak ada perselingkuhan," ujarnya. Meski dalam kasus ini Lidya bertindak sebagai penggugat, ia mengatakan masih akan membukakan pintu damai untuk Jamal.

Aktris era 80-an ini tak keberatan jika harus rujuk dan kembali mesra dengan pria pujaannya. Sayang, Jamal telah menutup kesempatan tersebut. Pelantun Jamilah ini juga tak pernah menampakkan batang hidungnya pada sesi mediasi.

Saling Serang Venna Melinda-Ivan Fadilla

Berbeda dengan perceraian pasangan Mia-Harry dan Lydia-Jamal, yang terkesan adem ayem. pasangan Venna Melinda dan Ivan Fadillah justru sebaliknya. Setelah 17 tahun bersama, kini mereka saling menyerang lewat media.

Perceraian mereka memang dipenuhi ketegangan dan konflik. Venna menggugat cerai Ivan pada 22 Februari lalu ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Pada mulanya perceraian pasangan ini berlangsung secara baik-baik.

Saat sidang pertama, Venna tampak masih mencium tangan. Keduanya juga mengaku masih tinggal serumah demi anak-anak. Namun, suasana tenang itu tak berlangsung lama.

Pada pertengahan kasus perceraian ini, keduanya terlibat perseteruan hebat. Ivan menggugat balik aktris yang juga tercatat sebagai anggota DPR Komisi 10 ini. Ivan meminta hak asuh anak dan menuntut sita marital harta bersama.

Mendengar tuntutan itu, mantan Puteri Indonesia ini tak dapat menahan emosinya. Ia terlihat sangat marah dan menangis tanpa peduli sorotan kamera media yang juga turut hadir mengabadikan sidang mereka.

Venna pun tanpa sungkan membeberkan rahasia dapur rumah tangganya dengan mantan Abang Jakarta tersebut. Ia mengaku selama 17 tahun menikah dengan mantan Abang Jakarta ini, ia hanya diberi sebuah mobil Alphard bernomor polisi B 712 IV. Mobil itu diberikan Ivan sebagai hadiah kehamilan anak ketiga mereka.

Mantan Puteri Indonesia ini pun menyebut jika harta berupa rumah di Paso, Villa Mikasa di Bali, dua apartemen Green Day, mobil kuno Jaguar tahun 2002 yang dimiliki adalah hasil keringatnya selama bekerja menjadi anggota dewan.

"Itu keringat saya sejak umur 15 tahun main film dan sinetron, bikin usaha. Memang bisa diklaim? Silakan. Kalau mau diambil, silakan. Kalau Alphard dan rumah Paso tadi, mau diambil juga, silakan. Begitu perhiasan ini diambil, silakan," ucapnya histeris.

Suasana makin panas usai sidang. Venna menolak untuk menaiki mobil Alphard tersebut. Venna malah pulang dengan menumpang mobil kuasa hukumnya, Kumala Dewi.

Hari itu menjadi awal perseteruan mereka. Lebih lanjut Venna merasa dipersulit Ivan untuk bertemu kedua anaknya. Ivan membantah tuduhan itu. Masih melalui media, lelaki yang berprofesi sebagai pengusaha ini mengatakan, "Saya membebaskan kapan mereka mau ikut sama papa mamanya".

Belum reda masalah hak asuh anak, muncul isu baru. Kabarnya, Venna disebut-sebut memiliki pria idaman lain. Pria yang juga rekannya di DPR. Melalui kuasa hukumnya, Venna mambantah.

Kericuhan kembali terjadi di persidangan 13 Mei kemarin. Suasana sidang pun berlangsung tegang dan alot.

"Ada ribut-ribut sedikit. Adu mulut antar pengacara. Tiba-tiba Mbak Venna naik (omongannya) tinggi dan marah-marah," kata kuasa hukum Ivan, Petrus Balapatiyona di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Proses duplik itu membahas mengenai penawaran untuk perdamaian. Pihak Venna mengajukan empat syarat berdamai. Salah satunya uang Rp40 juta per bulan yang disambut keberatan dari pihak Ivan Fadilla.

Kembali kuasa hukum Venna, Kumala, angkat bicara. Menurut Kumala, selama ini Ivan memberikan nafkah sebesar Rp40 juta kepada Venna. Tetapi, nafkah senilai itu masih dipotong untuk berbagai keperluan.

"Itu dipotong untuk uang sekolah anak, orang tuanya Mas Ivan, orang tuanya Mbak Venna. Terus Mbak Venna dapat apa? Sebagai suami kan memang ada kewajiban menafkahi," sebut Kumala saat ditemui di Gedung DPR RI, kawasan Senayan, Kamis, 16 Mei 2013. 

Dewi juga merinci, uang itu akan digunakan Venna untuk keperluan pribadi agar dirinya layak bersanding dengan seorang pengusaha seperti Ivan. Apalagi, sebagai artis dan anggota DPR, ia merupakan sosok public figure yang harus selalu tampil bersih dan cantik.

"Untuk cantik di depan suami, harum, wangi, itu kan perlu perawatan ke salon. Harus menjaga penampilan, tujuannya itu positif. Ya untuk kebutuhan sehari-hari itu juga ada," beber Dewi lagi.

Aksi Bungkam Katon Bagaskara-Ira Wibowo

Satu lagi pasangan yang menambah panjang daftar gugatan cerai. Ira Wibowo. Tanpa ribut-ribut dan tercium media, aktris blasteran Indonesia-Jerman ini mengajukan gugatan cerai terhadap Katon Bagaskara, suaminya.

18 Desember 2012, mereka resmi bercerai. Tapi, keduanya begitu rapi menutup perceraiannya. Sampai publik mencium Maret 2013. Seperti sudah menjadi kesepakatan, baik Ira ataupun Katon tak ada yang bersedia menjawab soal keretakan rumah tangga mereka.

Namun, menurut Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Mangapul Girsang, penyebab perceraian pasangan yang telah membina rumah tangga selama 17 tahun itu karena sudah tidak ada kecocokan. Alasan klasik yang kerap diungkap para pasangan untuk sebuah perceraian.

Katon hanya menanggapi berita perceraiannya melalui akun twitter pribadinya. Vokalis KLA Project ini meminta maaf.

“Sejak Desember kami sudah pisah resmi. Mohon maaf, mohon tenang. Kami berdua tetap akrab seperti kakak adik kok. Sampai kapan pun Ira tetap ibu dari anak-anakku.GBU :),” tulis Katon. (art)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id