Nyamuk Lebih Gemar Gigit Wanita Ketimbang Pria

Sumber :
  • REUTERS/Oxitec Ltd./Handout
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Sebelum menggigit korbannya, nyamuk akan terlebih dahulu mengenali korbannya, sesuai dengan bau dan komposisi darah. Para ahli entomology dari University of California, telah mempelajari bagaimana cara nyamuk memilih mangsanya.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Para ilmuwan telah menganalisis enzim yang terkandung dalam bau tubuh manusia, ayam dan burung merpati, mangsa kesukaan nyamuk. Hasilnya, hewan penghisap darah itu tertarik pada aldehida
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
nonanal atau zat yang memiliki wewangian, seperti yang dilansir
Genius Beauty
.


Setelah mempelajari lebih dari 1.300 reseptor penciuman nyamuk, terhadap zat nonanal, mereka menemukan nyamuk tertarik pada peningkatan konsentrasi steroid atau kolesterol pada permukaan kulit. Inilah yang membuat nyamuk sangat 'cinta' pada orang-orang yang bertubuh gemuk dan memiliki penyakit kardiovaskular.


Di samping itu, nyamuk juga suka menggigit wanita, terutama pada mereka yang berambut pirang dan hamil. Meski belum diketahui penyebab pastinya, namun para ahli beranggapan hal ini dikarenakan tubuh wanita menghasilkan beberapa asam yang dapat menarik serangga. Nyamuk juga tertarik pada orang yang memiliki peningkatan hormon seks (testosteron atau estrogen). (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya