Studi: Cahaya Ponsel dan Komputer Bikin Sulit Tidur

Tidur insomnia
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Seiring perubahan zaman, orang semakin tergantung dengan teknologi. Tak sedikit yang mengecek surat elektronik lewat ponsel atau mengerjakan tugas dengan laptop hingga larut malam.

Tapi tahukah Anda jika cahaya buatan yang dipaparkan komputer dan ponsel bisa menyebabkan orang sulit tidur? Tak hanya itu, cahaya buatan juga memicu seseorang untuk mengonsumsi kafein.

Menurut Professor Charles Czeisler dari Harvard Medical School, jika lampu elektrik mempengaruhi ritme sirkadian - jam alami tubuh- maka paparan cahaya LED dari ponsel dan komputer lebih menganggu ketimbang bola lampu elektrik standar.

"Ada banyak penyebab mengapa orang tidak mendapat tidur cukup selama 24 jam dan 7 hari, mulai dari bekerja atau sekolah, pulang pergi dengan jarak panjang, hingga minuman dan makanan kaya kafein," ujar Czeisler seperti dilansir laman Daily Mail.

"Namun faktor yang jarang diketahui adalah terobosan teknologi: cahaya elektrik. Tanpa itu, beberapa orang akan mengonsumsi kafein agar terjaga saata malam hari. Dan cahaya mempengaruhi ritme sirkadian lebih besar dibandingkan obat mana pun."

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Lebih lanjut Czeisler mengatakan, penurunan jumlah jam tidur malam telah mempengaruhi kesehatan seseorang. Salah satunya adalah risiko tinggi obesitas, diabetes, jantung, depresi dan stroke pada orang dewasa serta gangguan konsentrasi pada anak-anak.

Ilustrasi pelecehan seksual

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pelaku yang mengaku sebagai pendeta itu diminta mengobati CH. Bukannya diobati, pelaku malah melecehkan korban di lantai dua panti asuhan di Sukolilo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024