VIDEO: Mengintip Surga Makanan Kaki Lima di Thailand

Telur Puyuh Thailand
Sumber :
  • Dok. KAKI 5 ANTV

VIVAlife - Tak salah rasanya jika Thailand banyak mendapat julukan “surga”. Seperti surga wisata, surga belanja, hingga surga jajanan kaki lima. Istimewanya lagi, menu yang kelezatannya diakui dunia dapat dengan mudah dijumpai di pinggir jalan atau kaki lima.

Di Negeri Gajah putih itu, surganya jajanan bisa kita temui di berbagai propinsi, seperti di Provinsi Suphan Buri yang terletak di bagian tengah Thailand. Di sini Anda akan disajikan makanan Laut yang segar dan menggoda selera, seperti udang.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Namun, udang di sini bukan sembarang udang. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan sebutan udang galah. Udang ini memang terbesar di antara udang lainnya yang berasal dari air tawar.

Biasanya, penyajian udang ini dipanggang hingga berwarna kecokelatan. Cara pemanggangannya pun masih dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan arang agar citra rasanya tetap terjaga.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Sementara itu Provinsi Suphan Buri sendiri merupakan salah satu tempat wisata belanja dan kuliner, di Thailand. Wisatawan bisa berkunjung ke pasar Samchuk, yang merupakan pasar tertua di Thailand. Namun pasar ini masih terlihat rapi dan indah karena warga sekitar tetap menjaganya sehingga pasar ini pun mendapat perhatian dari UNESCO.

Jika pergi ke pasar ini, Anda akan merasakan perpaduan budaya China dan Thailand yang sangat kental. Di pasar ini, Anda akan merasakan berada di pasar jajanan tradisional Indonesia karena makanan yang disajikan sebagian besar sama yang ada di Indonesia. Sebut saja kembang goyang, bakso tusuk, dan kue cubit. Namun di Thaialnd, kue cubit disebut knom farang.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Tidaklah sulit menemukan jajanan  di setiap sudut Bangkok. Baik pagi atau malam hari, selalu bisa ditemui penjaja makanan hampir di setiap tepi jalan. Di pagi hari, Anda akan menemukan salah satu makanan yang menjadi serapan pagi warga Bangkok, yakni Tao Fu. Bahan dasarnya terdiri dari susu murni, kacang kuning atau biasa yang disebut dengan kacang kedelai dan gula palem.

Tao Fu juga bisa ditambahkan dengan kacang merah, jelly dan kurma. Biasanya makanan ini banyak di temui area perkantoran dan mal. Namun bagi Anda penikmat wisata malam jangan khawatir. Bila berlibur di Bangkok, Anda tidak akan sulit mencari berbagai makanan yang nikmat di malam hari. Pasalnya saat malam hari, beberapa jalan di kota ini berubah menjadi pasar malam jajanan kaki lima. 

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Thailand wajib untuk mecicipi kuliner pasar malam Thailand. Kuliner khas pasar malam Thailand diketahui memiliki sensasi yang berbeda. Pilihan makanan di pasar malam Thailand sangat beraneka ragam, seperti sate seafood, bihun kuah.

Lihat video-nya di .

Kemudian, salah satu makanan uniknya adalah telur puyuh yang diceplok yang rasanya sudah pasti nikmat. Bagi wisatawan yang mencari makanan halal juga tak perlu khawatir karena di sini juga tersedia berbagai makanan halal layaknya di warteg Indonesia, seperti  ayam goreng, ceker ayam, daging sapi goreng, dendeng, serta baso sapi. Kedai ini berjualan dari pukul sembilan hingga dua belas malam.

Nah, penasaran kan makanan unik apa saja yang membuat Thailand menjadi surganya makanan. Simak KAKI 5  di ANTV, Sabtu, 25 Mei 2013, pukul 9.30 pagi atau lihat live streaming-nya di .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya