Wajib Tahu, Penyakit yang Bisa Memicu Disfungsi Ereksi

Gangguan seksual pasangan
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Tak banyak pria menyadari bahwa disfungsi ereksi atau DE dapat disebabkan penyakit tertentu. Salah satunya adalah diabetes. Pria yang mengalami diabetes, berisiko dua kali lebih tinggi memiliki kadar hormon testosteron lebih rendah.

Sindrom metabolik ini akan membuat level testosteron berkurang 30-40 persen. Padahal, kadar testosteron sangat penting dalam menciptakan hasrat seksual, mempertahankan tingkat energi, dan menciptakan suasana hati yang baik. Kesemuanya merupakan hal utama dalam melakukan aktivitas seksual.

"Kelainan metabolik (sindrom metabolik) dapat menjadi salah satu timbulnya DE, karena adanya gangguan pada produksi testosteron," ujar Em Yunir SpPD, KEMD, ahli endokrin FKUI-RSCM, saat ditemui di Jakarta.

Oleh karena itu, pria dengan diabetes sangat dianjurkan untuk mengontrol gula darahnya secara teratur. Kalau tidak dikontrol dapat menyebabkan kerusakan pada organ vital pada tubuh, termasuk organ seksual.

"Kemampuan organ vital mengembang akan melemah, kecepatan respons pada stimulasi butuh waktu lama. Kondisi ini biasanya akan menetap," ujar dr. Em Yunir.

Terkait data keterkaitan antara diabetes melitus dengan disfungsi ereksi, di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo misalnya, tercatat sebanyak 40 persen pria dengan diabetes mengalami disfungsi ereksi.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah disfungsi ini, yang harus diterapi pertama kali adalah penyakit penyerta terlebih dahulu. Baru dilakukan penyembuhan disfungsi ereksi.

Untuk menjaga kualitas kehidupan seksualnya, penderita diabetes harus menerapkan gaya hidup sehat. Dianjurkan untuk berhenti merokok, dan tidak minum minuman alkohol. Menurut dr. Em Yunir, 50-60 persen pasien diabetes bisa disembuhkan, namun tergantung dari tingkat keparahan penyakit.

Selain itu, bukan hanya penyakit diabetes yang memicu disfungsi ereksi pada pria. Hipertensi, penyakit jantung, dan obesitas juga bisa memicu gangguan seksual pada pria. Faktanya, pria dengan lingkar perut lebih dari 90 cm atau obesitas berisiko tinggi mengalami disfungsi ereksi. (art)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024