« Kembali
Waspadai Kulit Kering di Bagian Tubuh Ini
Karena itu, kulit bagian ini juga perlu diberi hand and body lotion.
Aries Setiawan, Rizky Sekar Afrisia
Kamis, 30 Mei 2013, 06:57 WIB
Kulit terawat (istockphoto.com)
Kulit terawat (istockphoto.com)

VIVAlife - Coba goreskan kuku di kulit, dan lihat apakah ada bekas putih? Jika benar demikian, artinya kulit itu kering. Anda perlu pelembab untuk menjaganya tetap halus, lembut, kenyal, dan kencang.

Kelembaban kulit, normalnya terdiri atas 13 sampai 20 persen air. Menggunakan hand and body lotion secara tepat, sudah pasti menjadi solusi yang paling baik untuk masalah kulit kering.

Namun ternyata, hanya satu dari delapan perempuan di Indonesia yang menggunakan hand and body lotion dengan benar. Kebanyakan pelembab hanya digunakan pada tangan dan kaki, bagian kulit yang terlihat dan kerap kena sorot matahari ataupun polusi.

Menurut dr Sarah Hutapea, SpKK seorang ahli kulit, saat media gathering Citra di Hotel Pullman Central Park, Rabu, 29 Mei 2013, seluruh bagian kulit manusia membutuhkan nutrisi yang sama untuk kesehatan dan kelembabannya.

"Bagian tubuh yang tidak terlihat juga terkena AC, matahari, serta polusi, yang bisa menyebabkan radikal bebas. Karenanya, kulit di bagian tubuh yang tidak terlihat juga perlu diberi hand and body lotion," kata Sarah.

Apalagi, kulit merupakan bagian tubuh terluas yang bisa melindungi kita dari infeksi dan penyakit.

Kebiasaan kebanyakan perempuan yang memakai hand and body lotion hanya di bagian tubuh yang terlihat, menyebabkan beberapa bagian tubuh yang lain lebih rentan mengalami kulit kering. Sarah menyebutkan ada beberapa bagian tubuh yang perlu diwaspadai karena lebih berkulit kering.

"Area kulit paling kering di tubuh adalah kaki bagian bawah, siku, lutut, lengan dalam, paha dalam, perut, dan telapak kaki," katanya.

Pada bagian-bagian itu, terjadi penumpukan sel kulit mati yang tebal. Itulah yang menyebabkan kulit menjadi tampak kasar dan kering. Pemakaian hand and body lotion akan membuatnya lebih lunak dan lembut.

Karena itu, jangan lupakan bagian-bagian kulit yang tak terlihat saat Anda menggunakan hand and body lotion. Pemakaian body lotion yang tepat, sebaiknya pagi hari setelah mandi dan sebelum melakukan aktivitas, serta malam hari sebelum tidur.

Pemakaian siang dan sore hari juga perlu ditambahkan, disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan kerja seseorang. "Pekerjaan yang terus membuat kita terpapar AC dan sinar matahari, biasanya kulit lebih kering. Hand and body lotion perlu dipakai lagi siang dan sorenya," kata Sarah lagi.

Khusus bagian kulit yang rentan kering, bisa diolesi hand and body lotion lebih sering untuk meningkatkan kelembabannya. "Jika tidak dirawat, akan memperlambat proses regenerasi kulit," imbuh Sarah.

Jika sudah begitu, akibatnya terjadilah beberapa masalah kulit yang sering dialami perempuan. Yakni, warna kulit yang tidak merata, kering, pecah-pecah, dan bisa mengalami infeksi jika terjadi gesekan.
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com