Olahraga Tepat untuk Orang Bertubuh Gemuk

Sumber :
  • REUTERS

VIVAlife - Malas bergerak kerap menjadi alasan orang bertubuh gemuk enggan berolahraga. Padahal, mereka yang memiliki tubuh gemuk atau obesitas rentan terkena berbagai penyakit, seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Untuk mengindari hal tersebut, American College of Sports Medicine menganjurkan kepada pemilik tubuh gemuk berolahraga maksimal 60 menit, setiap lima kali dalam seminggu. Olahraga yang dimaksud merupakan aktivitas atau latihan dengan intensitas ringan.

Apa saja? Berikut empat olahraga tepat untuk pemilik tubuh gemuk seperti dilansir laman Livestrong.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
- Berjalan kaki
Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Berjalan kaki adalah salah satu cara terbaik membakar lemak. Olahraga ini juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, serta menekan risiko diabetes tipe 2.

- Berenang

Ini adalah olahraga minim risiko cedera dan tidak perlu upaya keras dalam praktiknya. Saat berenang, Anda dapat menggunakan kickboard untuk membantu agar tidak mudah lelah. Namun jangan lupa, sebelum berenang sebaiknya lenturkan terlebih dahulu otot-otot Anda.

- Bersepeda

Bosan berjalan kaki atau berenang? Anda bisa mencoba bersepeda keliling komplek atau taman. Saat bersepeda, otot akan menekan secara bergantian. Seperti berjalan di atas bukit.

Sesekali cobalah mengayuh dengan gigi atau beban yang berat. Karena tekanan di sekitar otot dan persendian dapat membakar kalori lebih cepat.

- Menari

Tak banyak orang menyadari bahwa menari termasuk salah satu akivitas yang dapat membakar kalori. Menari meningkatkan kebugaran setara dengan aerobik. Selain itu memangkas berat badan dengan cara menari adalah cara mudah sekaligus menyenangkan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya