Empat Rempah Ampuh Sahabat Tubuh

teh jahe
Sumber :
  • goodbabyguide.com
VIVAlife - Rempah dikenal sejak berabad-abad tahun lalu sebagai senjata penghasil cita rasa dan aroma yang eksotis pada makanan. Namun, tidak melulu digunakan sebagai penyedap, rempah juga memiliki sederet manfaat kesehatan ajaib.
Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Beberapa jenis rempah bisa menyembuhkan penyakit ringan hingga berat seperti kanker. Dilansir Femguide, berikut empat jenis rempah yang paling banyak dicari untuk kesehatan. 
Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Kayu manis
KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Jenis rempah yang umum digunakan di berbagai negara Timur Tengah ini bermanfaat menurunkan gula darah. Selain itu, dapat menurunkan kolesterol hingga 30 persen dan mencegah pembekuan darah. Rempah kayu ini mengandung zat anti-inflamasi yang efektif melawan bakteri E. Coli.

Jahe

Jahe kerap digunakan untuk menenangkan sistem pencernaan, menetralisasi asam, dan meningkatkan cairan pembantu pencernaan, sehingga sistem pencernaan menjadi lancar. Sama seperti kayu manis, kandungan zat anti-inflamasi yang terkandung di dalam jahe bekerja mengurangi rasa sakit pada penderita arthritis, sakit kepala. Manfaat tersembunyi lainnya, menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Kunyit

Selain digunakan untuk memberi warna menarik, di kalangan medis, kunyit dikenal sebagai penyembuh kanker. Curcumin, zat warna dalam kunyit mampu menghentikan inflamasi yang disebut sebagai penumbuh sel kanker. Para peneliti saat ini sedang mengeksplorasi manfaat kunyit dalam melawan kanker kulit, khususnya melanoma. 

Cabai rawit

Salah satu jenis cabai ini mengandung capsaicin, perasa pedas yang juga memiliki manfaat kesehatan. Sebagai obat nyeri otot dan arthritis, menurunkan rasa nyeri akibat diabetes, mempercepat metabolisme tubuh, dan membakar kalori lebih cepat. Beberapa studi juga menunjukkan keampuhan cabai rawit sebagai anti kanker dan penurun tingkat insulin pada pasien diabetes. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya