Band Punk Ini Bersahabat dengan Uje

X-River
Sumber :
  • Facebook.com/XRivertoxicRiver

VIVAlife - Salah satu kelebihan Ustaz Jeffry Al-Buchory adalah bisa dekat dengan semua kalangan. Ia bisa membaur tanpa peduli kelompok masyarakat. Tak hanya jamaah pengajian, tetapi juga anak-anak band.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Apalagi, Uje memang memiliki latar belakang sebagai pekerja seni. Salah satunya, band X-River yang digawangi John (vokalis), Satrio (gitaris), Farid (gitaris), Fani (basis) dan Karin (drummer). Salah satu personel mereka, Satrio, mengenal Uje dengan baik.

"Tahun 1996 pernah satu label, punya satu proyek musik bareng," kata Satrio kepada VIVAlife sebelum syuting Pesbukers di kediaman Uje, kawasan Rempoa, Selasa, 4 Juni 2013.

Ia melanjutkan, sebelum jadi ustaz, Uje sering pentas musik bersamanya. Saat akhirnya Uje taubat dan memutuskan banting setir menjadi ustad pun, mereka tetap akrab. Mereka pernah bermain bersama untuk bakti sosial, saat Gunung Merapi meletus 2010 lalu.

Meski dunia mereka seakan seperti langit dan bumi, X-River tetap menganggap Uje sebagai inspirator. Meski band mereka berada di jalur punk dan hardcore, itu tak menghalangi mereka untuk memetik nilai-nilai positif dari ustaz kelahiran 12 April 1973 itu.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Mereka selalu ingat pesan Uje untuk tetap berpegang pada norma agama dalam bermusik. X-River sangat memegang teguh hal itu, terbukti dengan tema-tema musik mereka yang mengarah ke sosial.

"Uje itu ulama yang unik. Kalau yang lain dari santri, dia pernah tersesat di dunia kegelapan. Dia bangkit dan berusaha melawan, lewat perjuangan dakwah," kata John sang vokalis.

Kalau Uje berjuang lewat ceramah, X-River melalui musik. Sedikit banyak, bapak tiga anak itu memengaruhi musikalitas mereka. John sangat terngiang-ngiang dakwah Uje saat di Trisakti.

"Saya bukan Presiden. Saya melihat kemaksiatan di daerah Kota, saya hanya bisa menyeru pada pihak berwenang. Kalau saya penguasa, saya tutup tempat itu," kata John menirukan dakwah Uje saat itu.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang
Pertamina berpartisipasi dalam Hannover Messe 2024

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading berpartisipasi dalam pameran industri terkemuka internasional, Hannover Messe 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024