Churro, Kuliner Lezat Pendamping Cokelat Hangat

Churro
Sumber :
  • en.academic.ru

VIVAlife - Makanan penutup adalah salah satu hidangan yang digemari berbagai kalangan. Rasanya yang manis dan rupanya yang cantik seringkali membuat banyak orang tak kuasa menahan godaan untuk menyantap mereka.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Setiap negara memiliki berbagai jenis makanan penutup khas masing-masing. Di Meksiko, beberapa makanan penutupnya cukup terkenal di penjuru dunia. Diantaranya juga umum disantap beberapa negara Amerika Latin. Berikut lima makanan penutup lezat khas Meksiko yang menggiurkan.

- Churro

Makanan penutup yang satu ini seringkali dinikmati sebagai camilan teman minum cokelat hangat. Terbuat dari adonan pastry yang dibentuk memanjang, churro biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Bisa dibilang makanan ini menyerupai cakwe, namun memiliki rasa yang manis. Masyarakat Meksiko biasa menyantap churro dengan mencelupkannya kedalam saus cokelat. Terkadang churro juga diberi isian cokelat, vanila atau buah-buahan.

- Cajeta quesadilla

Quesadilla sebenarnya merupakan hidangan khas Meksiko yang terbuat dari tortilla yang diisi berbagai topping savory seperti ayam, daging, alpukat, keju, jalapeno, sour cream, guacamole dan saus salsa. Namun, ada pula varian quesadilla yang diisi dengan topping manis seperti krim susu dan saus buah-buahan.

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Biasanya, masyarakat Meksiko juga menggunakan cajeta sebagai lelehan di atasnya. Cajeta adalah sirup yang terbuat dari susu yang dikaramelisasi sehingga rasanya manis dan bertekstur tebal.

- Canela bunuelos

Dessert yang satu ini merupakan makanan penutup tradisional Meksiko. Kue berbentuk bulat atau persegi empat yang dimasak dengan cara digoreng deep-fried ini memiliki cita rasa yang ringan dan bertekstur kasar. Bisa dikatakan mirip dengan kue bantal.

Makanan penutup ini umumnya disantap dengan taburan gula halus dan bubuk kayu manis yang diberi sirup buah-buahan, madu atau lelehan cokelat. Masyarakat Amerika latin juga biasan menyantap hidangan ini. Canela bunuelos juga disebut-sebut sebagai simbol pembawa keberuntungan.

- Caballeros ricos

Bisa dibilang hidangan penutup ini merupakan puding roti versi Meksiko. Terbuat dari tepung, roti, susu, gula merah dan krim kocok, caballeros ricos dimasak dengan cara dipanggang selama sepuluh hingga 15 menit hingga berwarna kecokelatan.

Banyak masyarakat Meksiko yang menambahkan bubuk kopi untuk memberikan sentuhan rasa yang lebih lezat. Umumnya hidangan ini dinikmati dengan topping es krim dan daun mint segar di atasnya.

- Atole de fresa

Hidangan penutup ini terbilang cukup unik yaitu sup stroberi berwarna merah jambu cerah. Membuatnya sendiri sangat mudah yaitu menggunakan buah stroberi segar yang dihaluskan lalu dicampur dengan gula, susu dan tepung jagung yang direbus hingga mendidih. Atole de fresa bisa dinikmati sangat panas atau didinginkan terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya