Jakarnaval 2013, Jokowi Berkostum Betawi dan Naik Kuda

Jokowi Karnaval Solo
Sumber :
  • Vivanews/Fajar Sodiq (Solo)

VIVAlife - Jakarnaval 2013 bakal digelar Minggu 30 Juni 2013 mendatang, dengan melibatkan ribuan peserta. Gubernur DKI Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja tak mau ketinggalan untuk ikut serta dalam pawai budaya ini.

Koordinator program Jakarnaval 2013, Heru Prasetya kepada VIVAlife, Selasa 18 Juni 2013, memastikan bahwa dua pemimpin Ibukota tersebut akan ikut dalam kirab. Meski demikian, ia belum bisa menjelaskan lebih detail perihal kostum yang akan dikenakan.

"Namun yang pasti, beliau (Jokowi-Ahok) akan mengenakan pakaian khas Betawi. Mereka juga direncanakan akan menaiki kuda dalam kirab ini. Nanti, kostumnya pokoknya kejutan. Untuk saat ini masih dirahasiakan," ujar Heru.

Lanjut Heru, Jakarnaval tahun ini bakal menyajikan suguhan karya kostum dari 500 pelajar dari seluruh sekolah di Jakarta. Para pelajar tersebut diberi materi dan workshop selama tiga bulan untuk mendesain kostum yang akan mereka pamerkan saat Jakarnaval nanti.

"Selain para pelajar juga nanti kita mengundang komunitas kesenian di berbagai belahan kota Jakarta. Jakarnaval juga akan diikuti oleh komunitas kesenian dari berbagai daerah di Nusantara," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Artistik Jakarnaval 2013, Bambang Besur, mengatakan bahwa konsep Jakarnaval berbeda dengan Solo Batik Carnival atau Jember Fashion Carnival.

Red Sparks Vs Indonesia All Stars, Tim Korea Selatan Tak Mau Main-main

Menurutnya, Jakarnaval yang bertema ondel-ondel ini lebih mengakomodir bahan kostum dari alam seperti mendong, alas tikar, dan sejenisnya. Sebagai material dasarnya adalah batik motif khas Betawi.

Menurut rencana, Jakarnaval ini akan melewati rute kirab sejauh tiga kilometer. Yakni dari Balaikota hingga Monas. (asp)

Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.

Tolak Kasih Data Buat Pinjol, Istri di Tebet Jaksel Dianiaya Suami

Seorang ibu muda bernisial TE jadi korban KDRT karena sang suami diduga terjerat pinjaman online (pinjol).

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024