VIVALIFE

Nikah Palsu, Cara Baru Artis Agar Laris

Merekayasa foto pernikahan fiktif. Order kerja pun mengalir.
Jum'at, 21 Juni 2013
Oleh : Wuri Handayani, Lutfi Dwi Puji Astuti
Foto Kiwil dan Lina Marlina yang beredar luas di internet.
VIVAlife-  Foto itu sempat membuat geger: seorang perempuan berkerudung putih, duduk dengan muka menunduk. Di sebelahnya, seorang pria bersetelan putih-putih juga, menjulurkan tangan. Ada sosok lain, tampak seperti penghulu, di antara kedua pasangan itu. Gambar itu seolah merekam peristiwa ijab dan qabul. 

Kabar pun bertiup di balik foto itu yang beredar luas via internet sekitar Mei 2013 lalu itu. Si perempuan berkerudung itu adalah Dorce, dan dia dikabarkan menikah lagi. Ia disebut-sebut kawin siri dengan lelaki asal Medan, Sumatera Utara, Dinky Ardillano (saat ini Dinky Delano).

Jika benar artis transgender itu menikah lagi, maka ini pernikahannya yang ketiga. Tapi, anehnya kabar bahagia itu segera dibantah oleh Dorce. Ia, segera menggelar jumpa pers didampingi Dinky.

"Saya tegaskan tak ada pernikahan. Itu hanya  foto dengan teman, dan berusaha mesra. Sebenarnya ada banyak laki-laki yang suka sama saya, tapi pada munafik," kata Dorce menampik.

Sejak bercerai dengan Asep Maskar, Dorce mengatakan dia belum pernah menikah lagi. Menurutnya, pengakuan Dinky soal pernikahan dengan dirinya hanya spontanitas, alias iseng belaka. Tapi gosip pernikahan itu telah menyebar, dan efek lainnya adalah Dinky dituding mendompleng popularitas lewat foto itu. Meski keduanya sudah membantah, kabar itu terus saja merambat ke mana-mana. 

Tapi Dorce sendiri sama sekali tak merasa dirugikan. Dinky adalah sahabatnya, dan karena itu dia mencoba maklum. "Terserah lah kalau dibilang sensasi. Mungkin Dinky mau tercover saja karena dekat dengan saya. Mungkin dia cari perhatian saja," ujarnya lagi. 

Dorce dan Dinky memang sudah sejak lama akrab. Bahkan, Dinky kata Dorce sering menginap di rumahnya. Namun, wanita yang akrab disapa Bunda Dorce itu kembali menegaskan, meski tinggal satu atap, keduanya tidur di kamar terpisah. 

Dinky pun mengakui, kedekatannya dengan Dorce, memang karena keduanya tengah sibuk membuat album, yang rencananya akan segera rilis tahun ini. Album itu diproduseri langsung oleh Dorce berjudul Tulalit. 

Kiwil dan Lina Marlina

Aksi memajang foto pernikahan palsu di internet bukan hanya dilakukan oleh Dinky dan Dorce. Sebelumnya, komedian Kiwil tampil bersama wanita cantik, Lina Marlina. Keduanya juga berlakon seakan pengantin baru.

Saat itu, Lina mengakui, sengaja memajang foto pernikahan palsunya di twitter miliknya. Memakai busana pengantin adat Minang, mereka berfoto mesra. Kiwil dalam foto itu berada di belakang Lina, dan memeluk pinggangnya. Sementara Lina berada di depannya, menggenggam tangan Kiwil. Foto ini seolah menunjukkan keduanya resmi menjadi sepasang suami istri.

Beredar luas di dunia maya, foto ini akhirnya menjadi sorotan. Hingga menimbulkan isu, Kiwil telah menikah untuk ketigakalinya.

Kiwil dan Lina sempat bungkam saat ditanya soal foto pernikahan palsu ini. Tapi, setelah sekian lama membungkam, akhirnya Kiwil bersedia blak-blakan soal isu pernikahannya dengan Lina. Kiwil mengaku, ia dan Lina tidak menikah seperti selama ini gencar diberitakan. Lina, katanya, bukanlah wanita yang diharapkannya untuk menjadi istri ketiga. "Jadi saya klarifikasi, tidak ada pernikahan antara saya dan Lina," kata Kiwil kepada VIVAlife.

Ditambahkan Kiwil, ia dan Lina hanya sebatas teman biasa. Mereka pernah tampil satu panggung, namun keduanya tak pernah saling "kepincut". Menurut Kiwil, ia berpose bersama Lina juga hasil dari aksi yang iseng. Ide itu muncul karena ingin mengikuti jejak Dewi Perssik dan Saipul Jamil.

"Kalau mereka si ganteng dan si cantik. Kalau ini si cantik dan buruk rupa," ujar komedian tersebut.

Soal foto "pernikahan" itu, Lina Marlina, 27 tahun, buka suara. Ia mengakui foto mesranya dengan komedian berusia 40 tahun adalah rekayasa belaka. Kata Lina, gambar pernikahannya dengan pelawak bernama asli Wildan Delta itu sudah ada skenarionya.

Lina yang sempat agak ngetop lewat lagu dangdut remix berjudul Rempong-rempong (Cowok Gelo) itu mengaku hanya berteman dengan Kiwil. Bagi Lina, Kiwil adalah teman yang enak diajak bicara. "Aku tidak melihat fisik (Kiwil). Yang penting aku merasa nyaman, dan enak diajak ngobrol," kata Lina.

Mereka akrab selama delapan bulan terakhir. Perkenalan Lina dan Kiwil terjadi saat keduanya mengisi satu acara di Sukabumi, Jawa Barat.

Berkat beberapa foto yang diunggah ke akun twitter-nya April lalu, Lina dan Kiwil seolah berhasil meyakinkan publik keduanya telah menikah. Meski begitu, Lina tak pernah terganggu, walau kini ia sudah di cap ingin numpang tenar. "Aku enggak terganggu tuh," kata Lina.

Dewi Perssik dan Saipul Jamil

Sebelum foto palsu Dorce-Dinky, juga Kiwil-Lina Marlina beredar, pasangan Dewi Perssik-Saipul Jamil sudah lebih dulu membuat sensasi lewat foto pernikahan palsu.

Diakui oleh keduanya, foto itu sengaja dibuat dalam sesi pemotretan untuk sebuah kalender. Dalam fotonya, Depe, sapaan akrab Dewi dan Ipul, sapaan akrab Saipul menggunakan busana pengantin adat Sunda berwarna biru. Tak ada kecanggungan dalam foto pernikahan palsu itu, meski keduanya sudah 6 tahun bercerai.

Diakui oleh Saipul, foto pernikahannya dengan Depe membuatnya bahagia, apalagi bisa menggunakan baju pengantin bersama sang mantan istri. "Rasanya bahagia sih walaupun cuma jadi pengantin  di foto doang. Soalnya saya yakin jadi pengantin lagi itu impian semua insan manusia," ungkap Ipul. 

Ipul juga berharap, bisa mendapat jodoh lagi setelah beberapa tahun menduda. Kata Ipul, berfoto sebagai pengantin bisa dijadikannya sebagai latihan sebelum menikah lagi.

"Siapa tahu kan Allah mengirimkan jodoh lagi dengan saya.  Kalau nantinya saya bakal menikah lagi dengan Dewi, itu artinya ramalan yang diridhoi Tuhan."

Bayaran Tinggi 

Tak dipungkiri, setelah beredar foto-foto pernikahan palsu, Dinky-Dorce dan Lina Marlina-Kiwil banjir tawaran manggung di berbagai kota. Sebelumnya, mereka juga wara wiri menjadi bintang tamu di beberapa acara talk show siaran televisi. Tujuannya untuk mengklarifikasi soal foto pernikahan palsunya.

Dari situ, diakui oleh Dinky, namanya yang mulai redup sebagai artis kembali bersinar. Dinky pun mengaku, ia bukanlah artis baru di dunia hiburan. Bahkan sebelum kenal dekat dengan Dorce hingga membuat sensasi lewat foto pernikahan palsu, ia juga pernah membuat dua  album di tahun 2009 dan 2011.

Tapi sayang, namanya meredup. Kini, setelah berita heboh pernikahannya dengan Dorce, ia kian sering tampil bernyanyi. Bayarannya sebagai artis juga semakin tinggi. Dinky mengaku, saat ini ia lebih sering  tampil satu paket dengan Dorce, karena di lagu berjudul Tulalit, keduanya tampil berduet.

"Jadi satu paket itu kalau tampil berdua sama Mbak Dorce bisa lebih dari Rp125 juta. Itu hanya untuk tampil satu jam," ujarnya.

Sebelumnya, saat belum menjadi pasangan duet, Dinky selalu tampil solo. Bayarannya saat itu, tak sebesar bayaran manggung seperti sekarang. Untuk tampil di luar kota, Dinky mengaku hanya menerima bayaran Rp10-Rp20 juta.
"Kalau hanya tampil di Jakarta, malah cuma Rp7-Rp10 juta. Tapi saya nggak pernah matok," ujarnya.

Berbeda dengan Dinky, Lina Marlina lebih tertutup saat ditanya soal bayaran manggungnya di dalam dan luar kota. Meski sempat beredar kabar bayaran yang diterima Lina mencapai Rp40 juta satu kali show, ia justru tak banyak bicara soal hal satu itu.

"Ya kan tergantung jauhnya. Kalau di luar kota dilihat di mananya dulu. Kalau di kota ini segini, kalau di kota yang lain segitu," ujarnya.

Bukan hanya bayaran tinggi, menurut sang manajer, Lina bahkan sudah mulai banyak ditawari tampil sebagai bintang film layar lebar. Beberapa tawaran berperan dalam film horor seksi juga sudah mulai mampir padanya. Namun, Lina belum berani menerimanya, meski keinginan terjun ke sana menarik perhatiannya.

"Kalau sekarang enggak dulu, karena lagi fokus nyanyi. Lagipula aku agak ribet nanti ngatur jadwalnya.  Tapi kalau nanti mungkin aku mau coba-coba, ya aku cobain."

Sekadar Pelaris?

Mulai tenar sebagai artis, jadwal manggung merekapun semakin padat. Dalam satu minggu, Dinky dan Lina bisa tampil dari satu panggung ke panggung lain.
Dan untuk menunjukkan eksistensinya, baik Dinky dan Lina, kini sudah mulai siap mengeluarkan single bahkan album baru.

Diakui Dinky, tak lama lagi album barunya akan rilis. Sudah ada 12 lagu yang siap untuk dimasukkan dalam album barunya. "Lagu andalannya Tulalit dan Kecewa. Bunda Dorce yang buat, video klipnya juga sudah ada," cerita Dinky.

Tak hanya itu, Dinky juga mengaku sibuk mempersiapkan dua single religi yang bakal diluncurkan awal Ramadhan tahun ini. Single ini pun di luar album barunya bersama Dorce. "Judul singlen-ya, Surga Neraka dan Nikmat Ramadhan. Sekarang sudah mulai proses take vokal," tuturnya.

Sama halnya dengan Dinky, Lina juga mulai menunjukkan taringnya sebagai penyanyi dangdut. Ia tak ingin hanya sekedar dicibir mendompleng popularitas lewat sensasi foto pernikahan palsunya dengan Kiwil. Lina pun tengah mempersiapkan single terbarunya.

"Aku baru punya dua single, 'Cowok Gelo'itu single aku. Yang kedua belum aku keluarin," ungkapnya. 

Saat ini, kata Lina, ia sedang dalam proses rekaman single terbaru berjudul Mimpi Terindah. Rencananya, single itu akan diluncurkan setelah Lebaran tahun ini. 

"Dan rencananya juga aku mau bikin album dan itu juga setelah Lebaran."

Bagi Dinky dan Lina, foto pernikahan palsu itu rupanya mendatangkan berkah, meski tak sedikit cibiran menghampiri mereka. Tak ada yang dirugikan lewat foto itu. Lina bahkan mengaku, setelah foto itu beredar, baik ia dan Kiwil justru kian banyak menerima tawaran proyek. "Namanya lebih ke angkat, dan aku juga sekarang lebih ada job sana sini."

Bagi Dinky sendiri, menjadi artis memang butuh sedikit sensasi agar kembali diingat dan dikenal orang. Terbukti, saat ini, Dinky semakin banyak menerima tawaran manggung. Bahkan banyak pula artis senior yang mengajaknya berduet bersama.

"Neneng Anjarwati ingin duet sama saya untuk album religi. Dua single bahkan sudah dirancang," tuturnya.

TERKAIT
TERPOPULER