Cara Baru Nikmati Secangkir Kopi Pagi Hari

Kopi Cappuccino
Sumber :
  • Reuters
VIVAlife - Kalau Anda bosan menyeduh kopi dengan cita rasa klasik, coba cara baru ini. Mencampurkan mentega dalam cangkir kopi. Adalah David Asprey, kreator Bulletproof Coffee yang mengklaim bahwa produk kopi ciptaannya ini mampu meningkatkan energi selama enam jam.
Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Lemak tinggi yang ada pada mentega disebut sebagai zat penambah energi tersebut. Ia juga mengatakan bahwa menambahkan 80 gram mentega dalam secangkir kopi pagi hari juga mampu meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu tubuh menjadi langsing.
Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Kreasi kopi ini didapatkan dengan tidak sengaja. Kala itu ia sedang berada di puncak gunung Kailash di Tibet. di ketinggian 18.000 kaki. "Saya sedang berada di sebuah guest house dan di daerah dengan suhu yang sangat dingin, saya menemukan kelezatan dalam secangkir teh mentega yang creamy," tulisnya dalam website resmi.
Profil Aura Jeixy, Pro Player PUBG yang Ditangkap Terkait Kasus Narkoba dengan Chandrika Chika

Ia kemudian mencoba mengkreasikan hal tersebut dengan menciptakan kopi campur mentega yang ternyata juga memberikan rasa yang lezat. Ia juga mencampurkan beberapa bahan tambahan kedalam kopi ciptaannya seperti campuran minyak kelapa dan minyak sawit.

Menurutnya, lemak yang terkandung di dalam minyak ini mampu dicerna tubuh lebih cepat dan meningkatkan energi, serta membantu penurunan berat badan. Penambahan mentega membuat kopi ini seperti dicampur dengan krim sehingga teksturnya lebih creamy dan rasanya lebih lezat.

Walaupun terdengar aneh, menikmati kopi dengan mentega telah dilakukan oleh berbagai masyarakat di dunia selama bertahun-tahun. Selain di daerah Tibet, masyarakat Ethiopia secara tradisional mengonsumsi kopi dengan mentega serta rempah-rempah. Di Singapura, biji kopi biasa disangrai dengan mentega sebelum dihaluskan dan diseduh dengan air panas.

Namun, terdapat beberapa ahli yang tidak setuju mengenai temuan Asprey. Menurut Heart.org, mentega mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan bahan-bahan lainnya yang mampu meningkatkan tingkat kolesterol, jantung, dan stroke.

Walaupun begitu, Asprey dan para penikmat kopi mentega menyatakan bahwa minuman ini bermanfaat positif. "Selain memiliki rasa yang lezat, kopi ini mampu membuat Anda berkonsentrasi lebih baik, fokus dan berenergi," tambah Asprey seperti dikutip Daily Mail. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya