FOTO: Hamparan Rumput Pembungkus Jalur Kereta

Jalur Trem di Eropa
Sumber :
  • www.amusingplanet.com
VIVAlife - Menemukan ruang hijau di kawasan perkotaan yang dipadati gedung bertingkat, rasanya seperti mendapat ketenangan. Di Eropa, gerakan penghijauan terus digaungkan untuk menciptakan paru-paru kota. Tujuannya tentu saja menjaga kesegaran udara dengan menurunkan tingkat polusi. 
Pemain Barcelona Akan Selalu Bersama Xavi Sampai Mati

Pemerintah lokal di Barcelona, Frankfurt, Milan, St-Etienne, dan Strasbourg malah menggunakan lahan tak terpakai sebagai tempat penanaman tumbuhan. Bahkan jalur kereta atau trem pun menjadi salah area yang dimanfaatkan sebagai ruang hijau yang ditanamnya rumput. Lihat foto selengkapnya di
Ungkap Kesalahan Banyak Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

Tren menaman rumput di jalur trem ini berawal tahun 1980-an. Tidak hanya untuk mengasrikan kota, rumput ini juga berfungsi sebagai tempat tinggal berbagai serangga dan hewan invertebrata.
Mobil Bermasalah atau Ada Kondisi Darurat saat Melewati Jalur Contraflow, Menepi ke Mana?

Rumput ini juga dimaksudkan untuk meredam kebisingan yang ditimbulkan dari suara mesin dan gesekan antara trem dan rel. Lahan rumput hijau ini dirasa lebih asri daripada beton. Selain meredam kebisingan, rumput-rumput sejuk ini juga dimanfaatkan sebagai penyerap air hujan.   (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya