VIDEO: Sensasi Kopile, Kopi Kedelai Non Kafein

Kopi.
Sumber :
  • greatcoffeeideas.wordpress.com

VIVAlife - Mengkonsumsi minuman berkafein dalam jangka panjang sudah banyak diketahui orang bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Namun, seorang pemuda di Bantul, Yogyakarta, Wahyu Prasetya Hadi berhasil membuat kreasi baru, kopi non kafein berbahan dasar kacang kedelai yang aman dikonsumsi bagi Anda yang khawatir akan efek samping kafein.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Kopi ini diberi nama olehnya Kopile. Lihat videonya

Berbekal pengalaman membuat kopi tradisional di Lampung, ia berniat mengembangkan produksi kopi olahan tradisional di Bantul. Namun susahnya mendapatkan bijih kopi membuat dia kesulitan. "Tidak ketemu biji kopi yang asli, jadi saya coba buat kopi dari kedelai," dia mengisahkan.

Ia kemudian mencoba mengolah kedelai putih menjadi serbuk kopi. Cara pengolahannya pun sama persis dengan cara mengolah bijih kopi pada umumnya.

Pertama, kedelai dicuci bersih, lalu disangrai. Setelah itu, hasil sangrai diblender halus dan disaring. Hasilnya, bentuk dan harumnya sama seperti kopi pada umumnya.

Hadi tak menyangka kreasinya digemari banyak orang. Ia pun memberanikan diri untuk membuat kopi kedelai dalam kemasan dan menitipkannya ke warung-warung.

Bagi Anda penggemar kopi namun takut akan bahaya kafein, mungkin sensasi kopi kedelai buatan Hadi bisa dicicipi. (kd)

Anies-Muhaimin saat menghadiri sidang putusan hasil Pilpres 2024 di MK

Anies dan Cak Imin Hadir ke KPU Jelang Penetapan Prabowo-Gibran

Pasangan nomor urut 01 Anies dan Cak Imin sudah hadir di KPU. Namun, untuk pasangan 03 Ganjar-Mahfud belum terlihat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024