Makanan Terlarang Bagi Pengidap Hipertensi

Garam
Sumber :
  • Athleanx
VIVAlife - Jika Anda didiagnosis menderita hipertensi, tentu saja Anda tak bisa berdiam diri. Harus segera melakukan perubahan dalam gaya hidup. Terutama soal makanan yang dikonsumsi. 
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Anda harus lebih berhati-hati saat memilih makanan. Berikut makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi seperti dikutip dari Times of India:
Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

1. Garam
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Umumnya kita mengkonsumsi banyak garam dalam makanan yang kita santap sehari-hari. Konsumsi kelebihan garam pada makanan meningkatkan kemungkinan kerusakan pada jantung dan hipertensi. 

2. Buah-buahan dan sayur kalengan

Untuk menghindari kenaikan tekanan darah, cobalah membatasi makanan kaleng.

3. Makanan olahan

Karena perubahan gaya hidup, secara tak sadar kita sangat tergantung pada makanan olahan atau siap saji. Penting untuk menghindari makanan olahan karena makanan ini mengandung garam yang tinggi, pengawet, dan juga lemak.

4. Gula

Gula dan makanan manis lainnya seperti permen, kue kering, harus dihindari karena makanan itu mengarah ke obesitas. Banyak penelitian membuktikan, orang gemuk lebih rentan untuk terserang hipertensi.

5. Lemak

Kelebihan mengkonsumsi lemak menyebabkan obesitas, yang nantinya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Konsumsi lemak jenuh dan trans harus dihindari.

6. Alkohol

Alkohol dapat merusak dinding arteri sehingga menimbulkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah, yang disebut arteriosklerosis. Hal ini menyebabkan darah mengalir dalam pembuluh darah dengan banyak tekanan tinggi, sehingga menyebabkan hipertensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya