Intip Kesehatan Otak Lewat Kesehatan Mata

Ilustrasi Otak
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Ungkapan mata adalah jendela jiwa menunjukkan pentingnya indra penglihatan bagi kehidupan. Sebuah penemuan terbaru membuktikan, kondisi mata juga dapat dijadikan petunjuk kesehatan otak manusia.

Sebuah studi terobosan yang dimuat jurnal Psychological Science menemukan, pembuluh darah kecil di belakang mata dapat menggambarkan kesehatan otak. Orang-orang yang memiliki pembuluh vena di mata yang lebih luas memiliki skor IQ lebih buruk di usia paruh baya.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

"Faktor lain seperti merokok, diabetes, atau status sosial ekonomi tidak memengaruhi skor tersebut," kata penulis utama studi, Idan Shalev, Ph.D.

Jadi, apakah penyebabnya? Pembuluh darah di mata mencerminkan kondisi pembuluh otak, karena keduanya memiliki ukuran, struktur, dan fungsi yang sama. "Pembuluh mata dikembangkan dari sel-sel yang sama dengan pembentuk pembuluh otak," Shalev menambahkan.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada orang berusia lanjut mengaitkan ukuran pembuluh darah di mata terhadap risiko penyakit seperti demensia,  jantung, atau stroke. Studi ini menemukan, kesehatan mata menunjukkan kesehatan otak di usia yang lebih muda, bahkan pada usia kanak-kanak.

Ilmuwan merekomendasikan untuk memeriksakan mata ke dokter bagi mereka yang berusia paruh baya, kendati merasa memiliki penglihatan yang masih tajam. Pencitraan retina merupakan cara termudah untuk mengecek kondisi otak.

Selain itu, Shalev mengungkapkan, pencitraan retina merupakan cara mendeteksi perubahan bagi mereka yang berisiko tinggi mengalami sakit jantung.

Perubahan pada mata dari waktu ke waktu di usia pertengahan dapat menjadi petunjuk awal adanya gangguan kesehatan. "Jika tidak, perubahan terjadi tanpa diketahui karena gangguan tak memiliki gejala hingga waktu yang lama," katanya seperti dikutip Live Strong. (art)

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024