BB Cream Vs Alas Bedak, Pilih Mana?

wajah keriput
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Sejak munculnya produk-produk kecantikan dari korea, BB cream semakin banyak dicari. Bahkan produk-produk kecantikan dari berbagai negara, mulai memproduksi BB cream sebagai salah satu produk kecantikan mereka.

MUI Harap Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jadi Momentum Rekonsiliasi Nasional

BB cream sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan foundation atau alas bedak, yaitu untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit wajah. Namun, BB cream seringkali dianggap memiliki kualitas lebih baik. Tapi benarkah BB cream lebih baik dari alas bedak?

Seperti dilansir All Womans Talk, berikut tujuh perbedaan BB cream dan alas bedak.

1. Daya lapis

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Salah satu perbedaan utama antara BB cream dan alas bedak adalah daya lapisnya. Alas bedak memiliki daya lapis lebih tebal. Sedangkan BB cream lebih tipis. Sehingga, alas bedak biasanya digunakan untuk acara-acara penting, sedangkan BB cream cocok untuk digunakan sehari-hari.

2. Manfaat perawatan kulit

Meskipun dapat meminimalisir ketidaksempurnaan wajah Anda, alas bedak hanya berfungsi menutupi. Sedangkan BB cream, bisa dibilang merupakan produk yang ajaib. Karena tidak hanya sekadar menutupi kekurangan wajah, tetapi juga mampu mencerahkan, mencegah jerawat dan menghaluskan.

3. Warna

Istana Bakal Sambut Mantan Presiden hingga Pejabat Jika Hadiri Open House Jokowi

Salah satu kekurangan dari BB cream adalah tidak ada banyak pilihan tone warna. Karena biasanya, BB cream menawarkan warna yang cerah, sehingga jika Anda memiliki warna kulit gelap, akan jelas terlihat jika Anda menggunakan BB cream. Sedangkan alas bedak memiliki pilihan warna yang lebih banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan tone warna kulit Anda.

4. Cara penggunaan

Karena sifatnya lebih ringan, BB cream sebaiknya digunakan dengan menggunakan jari untuk meratakannya pada wajah. Sedangkan alas bedak biasanya digunakan dengan kuas atau spons untuk meratakan. Bukan berarti tidak dapat menggunakan jari, tapi biasanya cara tersebut menghasilkan alas bedak yang tidak rata.

5. SPF

Kelebihan BB cream yang lain, yaitu memiliki tingkat SPF yang lebih tinggi. Karena itu, BB cream juga berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Sedangkan alas bedak tidak menawarkan hal tersebut.

6. Primer

Primer atau base adalah make-up yang dipakai pada wajah sebelum dibubuhi alas bedak. Tujuannya agar make-up mudah membaur dan warna merata. Jika menggunakan alas bedak, Anda harus menerapkan primer terlebih dulu. Sedangkan BB cream tidak membutuhkannya lagi, karena kandungan primer sudah ada dalam BB cream.

7. Pelembab

Satu lagi kelebihan BB cream, yaitu sifatnya yang melembabkan, sama seperti moisturizing cream. Satu hal yang tidak dimiliki oleh alas bedak. Jika menggunakan alas bedak, Anda harus menggunakan pelembab terlebih dahulu, agar wajah Anda tidak menjadi kering.

Tujuh hal tersebut, hanya beberapa dari sekian banyak perbedaan antara BB cream dan alas bedak. Jadi, mana yang jadi favorit Anda?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya