Sulam Wajah Cantik Menawan

Ilustrasi merias alis
Sumber :
  • Dok. Anggie Rassly
VIVAlife -
Dijodohkan Sama Irish Bella, Begini Respons Abidzar
Goresan pensil alis,
eyeliner
Pemerintah Sudah Gelontokan Dana Desa Rp 609,68 Triliun Sejak 2015
, dan lipstik. Tiga hal itu wajib dilakukan Airana saat keluar rumah. Ia merasa tak percaya diri jika bertemu banyak orang tanpa berdandan. Demi mempercantik mata, alis dan bibir, waktu yang dihabiskannya bisa 30 menit hingga satu jam.
Hakim MK Semprot KPU yang Tidak Hadir di Sidang Sengketa Pileg 2024

Merasa terlalu banyak buang waktu mematut di cermin, ia pun mencari-cari info seputar sulam alis, eyeliner dan bibir. Teknik menghias wajah satu ini memang sedang banyak digemari  oleh wanita urban. Tanpa perlu menghabiskan waktu berdandan, alis, garis mata dan bibir tampak cantik dengan warna menonjol.

"Ada teman yang pernah sulam alis, kok lihatnya bagus dan bisa tahan sampai tiga tahun. Terus penasaran, coba deh. Awalnya cuma alis, merembet jadinya ke sulam eyeliner , dan bibir," ujar wanita yang akrab disapa Rana ini kepada VIVAlife.

Kesibukan dan tak selalu sempat memperbaiki dandanan juga jadi alasan Puri Yusuf tertarik melakukan sulam. Ia sudah sejak tiga tahun melakukan sulam alis, bibir dan eyeliner .

"Alasan praktis aja sih, gak perlu banyak touch up. Apalagi alis itu bentuknya kan agak susah, butuh waktu lama biar bagus," ujar Puri.

Cukup banyak salon kecantikan di Jakarta yang menyediakan jasa sulam. Ditawarkan kesempurnaan bentuk dan warna alis, garis mata serta bibir. Kepraktisan dan menghemat waktu berdandan jadi alasan teknik sulam begitu populer.

Termasuk di kalangan selebriti yang tak punya banyak waktu. Sebut saja Nikita Mirzani, Dewi Perssik, Sari Nila dan Indah Kalalo yang  mengandalkan teknik sulam untuk tampilan menawan mereka.


"Karena saya tidak bisa membentuk alis. Lagi pula juga supaya efisien ketika berdandan," kata Nikita Mirzani saat dihubungi 
VIVAlife.


Mengenal teknik sulam


Sulam alis sebelum (kiri) dan sesudah (kanan)


Sebelum teknik sulam jadi sangat populer seperti sekarang, tato alis lebih dulu dikenal. Jika tato diaplikasikan pada lapisan kulit yang dalam dan bersifat permanen, sulam hanya menghasilkan garis salur-salur di bagian kulit luar (epidermis) dan bertahan paling lama tiga tahun.


"Kalau tato sakit, kalau sulam tak terlalu. Bahkan lebih sakit cabut alis daripada sulam. Kita pada dasarnya menggunakan tinta dari bahan herbal yaitu henna. Untuk aplikasinya sendiri, dengan alat khusus berbentuk pena,
embroidery machine
," kata Anggie Rassly, ahli sulam kecantikan dan pemilik Brow Studio, saat ditemui
VIVAlife
di studionya, kawasan Kebayoran Baru.


Teknik sulam dengan pena ini, menghasilkan goresan menyerupai serat rambut membuat alis yang terbentuk terlihat sangat alami seperti bulu-bulu alis. Kesannya memang jadi lebih berdimensi. Tebal dan tipisnya sendiri dapat diatur disesuaikan mendekati alis asli sehingga terlihat lebih natural.


Pilihan warna juga jadi hal penting. Ini biasanya disesuaikan dengan warna rambut, warna kulit, dan warna bola mata. Untuk sulam
eyeliner
dan bibir, tekniknya juga sama. Menggunakan pena khusus dan tinta herbal.


"Untuk sulam
eyeliner
konsepnya sama tapi aplikasinya lebih sulit, karena kulit di kelopak mata itu lebih sensitif. Lengkungnya juga tiap orang berbeda, dan kita harus benar-benar teliti karena medannya yang memang berbeda dengan kulit alis," kata Anggie yang belajar teknik sulam di Singapura dan Tokyo.


Efek dari sulam
eyeliner
adalah membuat garis mata jadi lebih nyata. Sehingga, bola mata terlihat lebih besar dan indah. Begitu juga sulam bibir. Warna tinta akan disesuaikan dengan warna kulit, dan juga selera. Bibir jadi lebih merah merona tanpa harus menggunakan lipstik.


"Ada beberapa
tone
warna untuk
eyeliner
dan sulam bibir. Biasanya aku tanya klien maunya seperti apa. Kepribadian dan kesukaan mereka penting
banget
aku tahu, karena kan mereka yang lihat wajah sendiri setiap hari," kata Anggie.


Pengerjaan sulam sendiri dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Sangat disarankan untuk meluangkan waktu lebih lama agar hasilnya lebih optimal. Terutama, mereka yang melakukannya untuk pertama kali.


Sesuaikan dengan kondisi kulit

Hasil sulam alis,
eyeliner
dan bibir akan berbeda pada tiap orang. Itu karena, sangat bergantung dengan kondisi kulit. Biasanya hasil warna yang maksimal akan lebih menonjol pada kulit yang normal atau kering.


"Seperti
make up
saja, kalau di kulit berminyak jadi lebih cepat luntur kan. Memang akan lebih awet dan keluar warnanya pada kulit yang tipenya kering atau normal," kata Anggie. 


Bagi Anda yang sedang haid juga sebaiknya jangan melakukan prosedur sulam. Ketika haid, kulit cenderung lebih sensitif, nantinya hasil sulam bisa jadi tidak maksimal. Begitu juga bagi yang sedang hamil, atau memiliki riwayat penyakit diabetes.


Konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dulu jika Anda memiliki masalah kulit. Biasanya, setelah prosedur akan muncul rasa gatal. Ini pertanda awal pengelupasan kulit. Penting untuk mengetahui apakah tinta yang digunakan bisa memicu alergi.


"Kemungkinan terjadi alergi selalu ada. Bila terjadi alergi berhentikan pengaplikasian. Jangan pernah  mencobanya lagi, karena hasilnya akan tetap alergi," kata dr. Farmanina, spesialis kulit kepada
VIVAlife.

Kebersihan jadi hal utama yang harus diperhatikan. Menurut dr. Farmanina, pastikan alat-alat yang dipakai adalah yang sekali pakai.


"Karena bila bekas pakai akan menularkan penyakit dari si pemakai sebelumnya. Lihat kebersihan ketika akan dikerjakan, semua alat yang dipergunakan harus alat yang steril. Begitu juga tangan si terapis harus dalam keadaan steril," ungkapnya.


Dokter Farmanina mengatakan prosedur sulam ini selama dikerjakan oleh orang yang ahli dan professional tidak akan menimbulkan masalah serius pada kulit. Tapi memang harus lebih teliti dalam memilih tempat sulam dan pastikan kulit tak alergi.


Harga


Di Jakarta cukup banyak salon yang menawarkan jasa sulam alis, bibir dan
eyeliner.
Tentunya dengan harga yang sangat bervariasi. Sebelum Anda memutuskan, penting untuk melakukan survei kecil-kecilan.


Survei ini untuk mengetahui baik dalam hal kenyamanan, hasil akhir dan harga. Sebagian besar salon dan pusat kecantikan yang menyediakan jasa sulam meminta calon klien untuk melakukan
booking
terlebih dahulu. Jadi, Anda tak bisa datang begitu saja.


Hal ini mengingat prosedur memakan waktu yang cukup lama dan butuh ketelitian. Apalagi, jika melakukan untuk pertama kalinya. Pastikan
beautician
yang akan melakukan prosedur tahu apa yang Anda inginkan. Termasuk, bisa membaca bagaimana kepribadian Anda.


Ingat, lengkungan garis sedikit saja baik pada alis, garis mata atau bibir, bisa membuat tampilan wajah jadi sangat berbeda. Jangan segan untuk banyak bertanya hingga Anda benar-benar tahu yang diinginkan, dan terbaik bagi wajah.


Untuk harga, tiap studio sulam memasang tarif yang berbeda. Ada juga yang menyertai perbaikan dan
touch up
gratis, seperti studio Ali Sulam di Mangga Dua.


"Setelah prosedur jika ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan dan
touch up
. Ini termasuk harga yang dibayarkan klien. Untuk jumlah perbaikan ini berbeda tiap prosedur," kata Irfa, salah satu staf dari Ali Tatto Sulam.


Salah satu langganan Ali Tatto Sulam adalah aktris seksi Nikita Mirzani. Ia bercerita kalau prosedur sulam ini sangat membantu dirinya dalam mempercantik diri. Meskipun ada prosedur sulam lain, Nikita tak terlalu tertarik. Karena menurutnya, bentuk alis sempurna sudah bisa membuat tampilan jadi sangat menawan. Harga yang harus dibayarnya juga tak murah.


"Untuk alis 8 juta. Kalau
touch up
, ada 2 kali
touch up free
. Sisanya, bayar setengah," ujar Nikita.


Ingin tahu di mana saja Anda bisa melakukan membentuk alis, garis mata dan bibir seksi dengan teknik sulam? Berikut daftar salon dan harganya.


Brow Studio

Jl. Gunawarman No: 57, Kebayoran Baru

Telepon: 08111890283

Sulam alis: Rp3.000.000

Sulam eyeliner: Rp 1.500.000 (atas atau bawah)/ Rp2.500.000 (atas dan bawah)

Sulam bibir: Rp3.500.000

Paket sulam: Rp8.000.000


Ali Tatto Sulam

Mangga 2 Square Lt.UG Blok B No. 038-039

Telepon: (021) 91204688

Sulam alis: Rp5.000.000 - Rp9.000.0000

Sulam eyeliner: Rp5.000.000 (atas/ bawah)

Sulam bibir: Rp5.000.000 - Rp8.000.000


Browhous & Strip

Senayan City, LG Fl Unit 101, Jl. Asia Afrika No. 19

Telepon: (021) 72781489

Sulam alis: Rp6.000.0000

Sulam eyeliner: Rp3.500.0000 (atas atau bawah)/ Rp6.000.000 (atas dan bawah)

Sulam bibir: Rp8.000.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya