VIVALIFE

6 Makanan Penguat Tulang dan Jantung

Memenuhi kebutuhan vitamin D untuk meningkatkan metabolisme.
Minggu, 30 Juni 2013
Oleh : Wuri Handayani, Marlina Irdayanti
Salmon, sumber vitamin d terbaik.
VIVAlife - Vitamin D yang bersumber dari sinar matahari, suplemen, atau makanan merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk otak dan tubuh. Selain manfaat tersebut, vitamin D juga merupakan sumber gizi penting yang bertindak sebagai hormon. Fungsinya: meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan usus besar, menguatkan tulang dan jantung.

Mengonsumsi 400 - 4000 IU (international unit) vitamin D setiap hari, juga dapat membantu mengurangi depresi, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah diabetes, epilepsi, asma dan sindrom kelelahan kronis.

Dilansir Allwomenstalk, berikut tujuh makanan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Ikan salmon
Salmon disebut sebagai sumber terbaik vitamin D. Di dalamnya mengandung lebih dari 1.000 IU vitamin D, yang berarti lebih dari 250 persen dari tingkat kebutuhan harian. Selain salmon, Anda dapat menemukan banyak vitamin D pada ikan herring, sarden, dan tuna 

Telur
Meskipun tingkat vitamin D-nya lebih rendah dibandingkan salmon, telur mampu mencukupi 10 persen kebutuhan vitamin D harian. Selain itu, telur juga merupakan sumber kolin, protein dan zat besi yang secara keseluruhan menjadi makanan yang baik untuk otak.

Susu
Susu kambing dan susu sapi adalah sumber vitamin D dan kalsium untuk tulang. Susu kambing mengandung 31 persen kebutuhan harian vitamin D, sedangkan susu sapi mengandung sekitar 50 persen dari kebutuhan harian vitamin D. Pastikan untuk membeli susu organik untuk pilihan susu sehat

Kacang-kacangan
Susu nondairy yang dibuat dari bahan kacang, seperti kedelai dan almond juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Keduanya mengandung sekitar 350 IU dari kebutuhan vitamin D harian. Takaran yang disarankan adalah dua cangkir per hari.

Selain susu kedelai, olahan lain yang juga banyak mengandung vitamin D adalah tempe dan tahu. Bagi para vegetarian, konsumsi tempe atau tahu sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang hanya sedikit didapatkan dari sayur.  

Jamur 
Jamur mengandung sekitar empat persen vitamin D Anda. Namun karena jumlahnya sedikit, maka jamur disarankan untuk tidak dijadikan sumber utama. Meski begitu, vitamin D pada jamur masih lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya. 

Udang
Udang dan makanan laut lainnya seperti lobster, juga merupakan sumber vitamin D yang baik karena memiliki sekitar 290 persen dari kebutuhan vitamin D harian.
Bagaimanapun cara Anda menikmatinya, udang merupakan makanan yang baik untuk otak. Selain itu, udang juga kaya akan protein dan lemak sehat. (umi)



TERKAIT
TERPOPULER