Jalan Santai 2 Menit di Kantor Tekan Risiko Diabetes

Berdiri di Kantor atau Tempat Kerja
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Seiring perubahan gaya hidup, diabetes tak lagi hanya menyerang lanjut usia. Penyakit yang disebabkan gagalnya pengaturan gula darah ini juga mulai mengintai para pegawai kantor.

Penyebabnya, mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu duduk berjam-jam di depan komputer. Meski demikian, risiko diabetes bisa ditekan dengan melakukan langkah sederhana.

Vietnamese EV Taxi Service Push Sustainability Agenda with VinFast

Para peneliti dari University of Otago, Selandia Baru, menemukan bahwa berjalan kaki selama sekitar dua menit setiap 30 menit sekali bisa menekan risiko terkena diabetes. Dalam studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tersebut, para peneliti melibatkan sekitar 70 relawan dewasa.

Peneliti dilakukan dalam dua bagian. Tahap pertama, relawan diminta duduk selama sembilan jam. Kemudian kadar gula dan insulin mereka diukur setelah satu jam, empat jam, dan tujuh jam setiap kali minum minuman pengganti makanan (meal-replacement drink). Tes ini memberikan informasi kepada dokter seberapa baik tubuh menyerap gula dari makanan.

Pada tahap kedua, relawan diminta berjalan cepat selama setengah jam sebelum duduk selama sembilan jam. Setelah itu, setiap setengah jam sekali mereka diminta berjalan kaki selama satu menit 40 detik.

Hasilnya, kadar gula darah postprandial lebih rendah setelah berjalan kaki singkat ketimbang berjalan kaki sebelum duduk atau tidak bergerak sama sekali.

"Istirahat dari aktivitas secara rutin lebih efektif ketimbang aktivitas fisik berkelanjutan dalam hal menurunkan kadar gula darah dan insulin pada orang dewasa yang sehat dan dengan berat badan normal," ujar para peneliti seperti dilansir laman Daily Mail.

Sebelumnya, sebuah penelitian pada tahun 2011 juga menyebut bahwa pegawai yang mengambil istirahat singkat di kantor memiliki kadar kolesterol yang baik dibandingkan mereka yang duduk di depan meja seharian.

Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024