Waspada, Stres Bisa Berujung Kebutaan

pemeriksaan mata
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife -
10 Kapal Hantu yang Masih Menghantui Lautan Hingga Saat Ini
Pekerjaan menuntut banyak waktu. Pergi dan pulang ke kantor harus menghadapi kemacetan parah di jalan. Stres adalah hasil akhirnya. Ketika hormon stres meningkat akan merembet pada gangguan fisik lain. Salah satu yang tak banyak disadari adalah gangguan darah tinggi dan bisa berujung kebutaan.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Perlu Anda ketahui kalau tekanan darah tinggi yang terjadi terus menerus atau hipertensi akan membuat seseorang berisiko lebih tingi mengalami
Klaim 40 Persen Pemilihnya Dukung Prabowo-Gibran, PPP Isyaratkan Siap Pindah Koalisi
Retinal Vein Occlusion (RVO). Penyakit ini, seperti dikutip dari
Health Me Up
, terjadi pada 4 dari 1.000 orang.


RVO bisa dikatakan serangan stroke pada bagian retina.  Kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan kabur dan jika tak segera dilakukan perawatan dapat menyebabkan pendarahan berulang di dalam mata.


"Hipertensi karena stres dapat menyebabkan kebutaan. Memang, tekanan darah tinggi terus-menerus tak hanya berdampak pada jantung tapi juga mengganggu kerja pembuluh darah di sekitar mata, bahkan merusaknya. Ini yang tak diketahui banyak orang," kata dr. Deependra V. Singh, seorang ahli bedah retina, dikutip dari
Health Me Up.


Pada seseorang yang mengalami RVO memang bisa diberikan perawatan berupa penyuntikan, laser dan operasi untuk memperbaiki pembuluh retina. Tapi hal yang paling penting dilakukan adalah menjaga tekanan darah tetap stabil.


Bagi Anda yang sering merasa stres dan pernah mengalami penglihatan yang kabur, segera konsultasikan diri ke dokter. Cobalah atur kembali pola hidup, agar level stres menurun. Akan lebih baik jika Anda mengambil cuti panjang, pergi liburan sampai tubuh dan pikiran merasa lebih baik. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya