Opick Sayangkan Tak Ada Lagu Religi di AMI Awards

Opick
Sumber :
  • Dokumentasi Pribadi

VIVAlife - Enam belas kali pelaksanaan AMI Awards di Indonesia, belum pernah sekalipun lagu bertema religi masuk menjadi salah satu kategori ataupun nominator. Padahal, segala genre musik ada di situ. Pop, rock, dangdut, sampai keroncong. Menanggapi hal itu, salah satu pemusik religi, Opick, merasa aneh.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Ditemui dalam peluncuran albumnya 'Ya Maulana' di kawasan Kemang, ia mempertanyakan alasan religi tak masuk dalam AMI Awards.

"Apa dianggap bukan musik?" tanyanya retoris.

Ia sangat menyayangkan hal itu. Menurutnya, lagu religi tak melulu harus soal Islam. Ada pula lagu-lagu dari agama lain seperti Kristen, Hindu, atau Buddha. Ia melihat, itu menandakan musik religi sedikit dilupakan.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

"Mereka punya penilaian sendiri. Tapi sayang sampai tahun kesekian nggak ada apresiasi buat musik religi. Mungkin musik religi belum layak berada di tempat mereka yang mulia," katanya melanjutkan.

Meski begitu, Opick tak merasa terhalangi untuk berkarya. Meski hanya satu pembeli, ibu atau saudaranya sendiri, ia tetap akan membuat musik religi. Pria asal Jember, Jawa Timur itu bersyukur, selama ini respon masyarakat terhadap album-albumnya cukup besar.

"Saya pernah membuat CD, dalam 1,5 bulan saya proses sendiri. Ternyata laku sampai 1,5 juta," ia mencontohkan.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Menurutnya, musik yang menurut industri biasa saja ternyata bisa direspon bagus oleh masyarakat.

Ia sendiri tak ingin beralih genre hingga saat ini. Bisa saja ia membuat lagu bergenre dangdut atau rock, tetapi bukan untuk ia nyanyikan. Bagi pria bernama asli Aunur Rofik Lil Firdaus itu, musik layaknya pakaian. Manusialah pemikirannya. Intinya, ada kebaikan yang disampaikan ke orang lain.

"Lagu religi itu bukan hanya pada Tuhan. Kalau pemikirann sudah begitu, bajunya pakai hardcore, jazz, dangdut, bisa saja," ucapnya bijaksana.

Sebelumnya Opick merilis album terbaru bertajuk bertajuk Ya Maulana. Terdapat 10 lagu religi yang nyaman didengar dalam album ini. Salah satunya, hasil duetnya dengan putri almarhum Ustad Jeffry Al-Buchory, Adhiba Khanza. Keduanya mengadu suara dalam lagu berjudul Terimakasih Ayah.

Ini bukan pertama kalinya penyanyi asal Jember, Jawa Timur itu berduet dengan anak-anak. Sebelumnya, ia pernah menyanyi bersama Amanda dalam lagu berjudul Alhamdulillah. Rupanya, menyusul kesuksesan itu ia ingin mencari talenta-talenta muda lagi.

"Kebetulan ada undangan menyanyi bersama Adhiba dan suaranya bagus," ujar Opick. Menurutnya, ini merupakan salah satu langkah awal Adhiba jika ingin eksis di industri musik. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya