Tubuh Kelebihan Asam? Kenali Gejalanya

Ilustrasi wanita yang bekerja sif malam
Sumber :

VIVAlife - Apakah Anda mudah lelah, mata berair, dan kaki kram? Jika ya, Anda patut waspada. Tiga hal tersebut merupakan salah satu gejala tubuh kelebihan asam.

Selain stres, keasaman berlebih biasanya dipicu oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan ini antara lain, cokelat, minuman soda, makanan pedas, dan gorengan.

Gejala dari keasaman berlebih pada tubuh pun jarang disadari oleh penderitanya. Alhasil, mereka tetap menyantap makanan yang bisa memicu peningkatan kadar asam.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenali sejumlah gejala tubuh kelebihan asam seperti dilansir laman Boldsky berikut ini.

- Kelelahan

Kelelahan tak hanya disebabkan tekanan pekerjaan. Kelelahan juga bisa muncul karena asam berlebih pada tubuh. Gejala ini menyebabkan Anda kehilangan banyak energi.  

- Kaki kram

Kemungkinan mengalami kaki kram semakin besar ketika tingkat keasaman di dalam tubuh meningkat. Anda bahkan akan merasa kaki lebih berat. Ini merupakan gejala yang jarang disadari.

- Mata berair

Mata berair merupakan salah satu gejala tubuh kelebihan asam. Tingginya level asam pada tubuh bisa juga bisa menyebabkan mata merah.

- Bibir pecah-pecah

Karena intensitas keasaman tubuh yang tak terkontrol dengan baik, bibir pun menjadi kering dan pecah-pecah.

- Air liur asam

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Ketika air liur terasa asam di mulut, lidah akan terasa panas. Ini artinya keasaman dalam keadaan tinggi. Namun, minum segelas susu dingin dapat membantu menenangkan lidah Anda yang "terbakar". (art)

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024