Saat Puasa Jangan Sampai Kekurangan Zat Besi

Tofu
Sumber :
VIVAlife -
Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan organ tubuh agar fungsinya berjalan optimal. Zat besi ini sangat penting bagi pembentukan protein, seperti hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin adalah protein yang terdapat di sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ.

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Sementara, myoglobin menyuplai oksigen ke seluruh otot. Saat puasa, tubuh seringkali merasa lemas. Pemicunya bisa jadi karena menu sahur dan berbuka Anda kurang mengandung zat besi.
NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya


Tak perlu langsung mencari suplemen. Anda bisa mengkonsumsi tiga asupan ini berbarengan dengan buah atau sayur kaya vitamin C untuk membantu penyerapannya.


1. Cokelat hitam atau bubuk cokelat

Kabar gembira bagi penyuka cokelat hitam atau bubuk cokelat. Anda bisa mencari cokelat dan dijadikan cemilan. Atau, mencari minuman yang terbuat dari bubuk cokelat untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Faktanya, seperti dikutip dari
Shine
, kandungan zat besi pada cokelat hitam atau
dark chocolate
lebih tinggi dari daging. Akan makin super jika Anda mengkonsumsi cake cokelat leleh yang di dalamnya terdapat krim jeruk.


2. Buah kering

Tak heran kalau saat puasa kita dianjurkan mengkonsumsi buah kurma yang telah dikeringkan. Ternyata buah-buahan kering merupakan sumber zat besi. Tapi hati-hati biasanya buah kering mengandung gula tinggi. Cari kismis atau kurma kering yang tak mengandung gula tambahan.


3. Tofu

Teksturnya sangat lembut, tapi siapa sangka kalau kandungan zat besinya begitu tinggi. Bisa diolah dengan cara dikukus atau dengan kuah siram. Cocok sebagai menu buka puasa dan sahur sebagai sumber zat besi nabati bagi tubuh. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya