Stabilkan Kadar Gula Darah dengan Kayu Manis

Kayu manis
Sumber :
VIVAlife -
Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif
Banyak yang beranggapan kalau diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena faktor genetik. Padahal, diabetes justru menyerang mereka hidup dengan pola hidup tak sehat. Merokok, konsumsi makanan berkalori tinggi serta tak berolahraga merupakan pemicunya.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Diabetes terjadi bila tubuh kekurangan hormon insulin yang bertugas mengontrol tingkat gula darah. Gejalanya meliputi kelelahan, haus berlebihan dan sering buang air kecil. Namun, untuk menghindari datangnya penyakit metabolik ini sebenarnya tak sulit. Cukup mengubah gaya hidup tak sehat Anda serta mengontrol berat badan.
Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh


Bukan hanya itu, ada pula beberapa asupan yang dapat mencegah sekaligus mengontrol diabetes. Misal, kacang almond yang merupakan sumber serat dan kaya protein. Efek positifnya, mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan sensitivitas insulin.


Ternyata bukan hanya almond, kayu manis diketahui juga dapat memberikan dampak positif yang sama. Seperti dikutip dalam
Genius Beauty
, sebuah penelitian terbaru mengungkap kalau kayu manis efektif menstabilkan gula darah.


Penelitian ini melibatkan 30 relawan. Mereka diminta mengonsumsi dua mangkuk oatmeal. Sebagian diberikan porsi normal, sebagian lainnya diminta mengonsumsi seporsi normal namun ditambahkan satu sendok bubuk kayu manis.


Para peneliti kemudian memeriksa darah para relawan, 15, 30, 45, 60, 90, dan 120 menit setelah makan. Hasilnya para relawan yang mengonsumsi oatmeal dengan kayu manis menunjukkan tingkat gula darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan oatmeal tanpa bubuk kayu manis.


Mengkonsumsi setengah sendok kayu manis per hari dapat membantu mengontrol insulin. Namun tak cukup dengan kayu manis saja, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan berolahraga, mengontrol berat badan, serta menjaga pola hidup sehat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya