Lima Efek Dahsyat Menangis

Air mata
Sumber :
VIVAlife -
Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)
Menangis merupakan sebuah luapan emosi yang memuncak. Mata pun jadi merah dan membengkak setelahnya. Namun, di balik tampilan buruk dan pemicunya ada keuntungan dari keluarnya air mata.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Mungkin selama ini Anda tak menyadarinya. Ingin tahu apa saja efek dari menangis? Ini lima daftarnya.
Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?


1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata mampu membantu penglihatan manusia. Mata yang basah saat menangis, seperti dikutip dari Etips, menandakan kalau Anda terhindar dari dehidrasi membran. Kondisi dehidrasi ini dapat mengakibatkan penglihatan menjadi buram.


2. Membunuh bakteri

Tak perlu obat tetes mata, air mata dapat berfungsi sebagai antibakteri. Air mata mengandung zat lisozom. Zat tersebut mampu membunuh sekitar 90 hingga 95 persen bakteri yang tertinggal di sekitar mata Anda.


3. Mengeluarkan racun

Seorang biochemist, William Frey telah melakukan beberapa studi mengenai air mata. Ia menemukan bahwa air mata keluar karena perasaan emosi dianggap sebuah racun. Menurutnya, air mata membawa keluar racun dalam tubuh dan setelah menangis seseorang akan merasa lebih baik.


4. Mengurangi stres

Bagaimana menangis mampu mengurangi stres? Saat menangis karena stres, tubuh melepaskan hormon leucine-enkaphalin endorphin dan proclactin. Hormon tersebut mampu mengurangi level stres. Bisa dikatakan juga kalau menangis mampu mencegah penyakit yang disebabkan oleh stres seperti misalnya tekanan darah tinggi.


5. Menciptakan perasaan nyaman

Hal ini pasti dirasakan oleh semua orang. Walaupun menangis membuat mata Anda bengkak, namun setelah menangis pasti akan muncul perasaan lega. Hal tersebut karena sistem limbic, otak dan jantung Anda akan kembali normal dan membuat perasaan lebih baik dan tenang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya