FOTO: 12 Wisata Alam Unik di Rusia (II)

Whale Alley
Sumber :
  • Lori/Media

VIVAlife - Monumen, biasanya merupakan sebuah bangunan atau patung yang dibuat untuk menghormati sesuatu. Ternyata, monumen tidak selalu merupakan bangunan atau patung, karena keunikan alam pun bisa dijadikan sebagai sebuah simbol atau monumen yang unik.

Di Rusia misalnya, negara ini memang terkenal dengan berbagai monumen-monumennya yang unik dan indah. Tidak hanya patung, tapi juga monumen-monumen alamnya. Berikut 12 monumen alam unik di Rusia.

7. Whale Alley

Whale Alley

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Pemandangan Whale Alley di Rusia. Foto: Lori/Media.

Struktur unik ini merupakan monumen alam kuno asal Eskimo di Pulau Yttygrane, terletak di Selat Senyavin di ujung tenggara Chukotka. Dibentuk dari dua baris besar tulang paus Bowhead yang digali di tepi pantai.

8. Krasnoyarsk Pillars

Krasnoyarsk Pillars

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Pemandangan Krasnoyarsk Pillars di Rusia. Foto: Lori/Media.

Terletak di tepi Sungai Yenisei dan gunung Eastern Sayan atau 2,5 kilometer dari Krasnoyarsk, Krasnoyarsk Pillars adalah batuan vulkanik abu-abu merah muda dari batu syenites. Bentuk aneh dari batu-batuan ini disebabkan oleh air, angin, dan fluktuasi suhu. Hampir semua batu diberi nama yang mirip dengan bentuknya, seperti "Feathers",  “Lion Gate,” “Grandfather,” “Elephant,” dan “Chinese Wall”.
 
9. Boiling Lake

Boiling Lake

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Pemandangan Boiling Lake di Rusia. Foto: Lori/Media.

Kepulauan Kuril merupakan rumah bagi sekitar 40 gunung berapi. Di tempat ini juga terdapat danau yang terkenal karena keindahannya yang luar biasa. Adalah danau didih yang menghasilkan air dengan gelembung-gelembung panas serta semburan gas dan uap.

Pada tahun 2005 - 2006, para ilmuwan menemukan bahwa danau tersebut terbentuk dari ledakan freatik di tengah gunung berapi kaldera yang menghasilkan kawah dan kemudian terisi oleh air.
 
10. Wrangel Island

Wrangel Island

Pemandangan Wrangel Island di Rusia. Foto: Lori/Media

Pada tahun 1976, Pulau Wrangel Preserve didirikan untuk mempelajari dan melindungi sistem alam pulau-pulau Arktik, termasuk pulau kecil Herald. Pulau ini memiliki luas 2.960 mil persegi, dimana sekitar 1.850 mil perseginya ditutupi oleh pegunungan. Gletser kecil, danau, dan tundra Arktik juga bisa ditemukan di sini. Pulau ini memiliki lebih dari 140 sungai dan lima sungai yang membentang sekitar 165 mil.

11. Elbrus

Elbrus

Pemandangan Elbrus di Rusia. Foto: Lori/Media.

Gunung Elbrus, yang terletak di Kaukasus, sebenarnya bukan hanya gunung, tapi gunung berapi komposit. Merupakan gunung tertinggi di Rusia, dengan dua puncak tinggi: puncak Barat berdiri di ketinggian 18.500 kaki dan bagian timur, 18.440 kaki. Karena nilai simbolis merupakan titik tertinggi di Eropa, Elbrus sempat menjadi lokasi Perang Dunia II, yang melibatkan Jerman.

12. Lake Cheddar


Lake Cheddar

Pemandangan Lake Cheddar di Rusia. Foto: Lori/Media.

Terletak di selatan Tuva Basin, danau ini berada di perbatasan Rusia dan Mongolia. Cekungannya sendiri dikelilingi tanpa pohon. Danau ini bisa dijadikan lokasi untuk mencoba terapi air garam dan lumpur.

Tulisan ini merupakan kerja sama VIVA.co.id dengan RBTH Asia.

Baca juga:

Mau booking online hotel berbintang dan tiket pesawat dengan harga superdiskon? Klik VIVA Travel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya