Popok Bayi Pintar Bisa Analisis Kesehatan Bayi

Popok pintar dengan barcode
Sumber :
  • ABC News
VIVAlife -
107 Pengendara Langgar Lalu Lintas di Jakarta Ditilang Elektronik Saat Hari Buruh
Popok bayi sudah penuh dan Anda tak menyadarinya hingga si kecil menangis. Ini biasa terjadi dan "alarm" untuk mengganti popok adalah tangisan bayi. Demi mencegah hal ini, sebuah popok pintar diciptakan.

BPS Catat Inflasi April 2024 0,25 Persen, Transportasi Jadi Pendorong Utama

Bentuknya seperti popok sekali pakai biasa, tapi dilengkapi sensor yang berfungsi memberitahu kondisi popok. Tak hanya itu, dari sensor juga bisa diketahui kesehatan ginjal bayi, level hidrasi, dan akan membuat peringatan pada orangtua jika harus segera ke dokter.
Amerika Tiarap, Rusia Raup Untung Besar di Balik Perang Iran dan Israel


Popok pintar ini, seperti dikutip dari
NY Daily
, dikembangkan oleh Pixie Scientific, yang berbasis di New York, AS. Dalam popok ada semacam QR code yang akan berubah warna saat bayi buang air kecil.


Nantinya, orangtua bisa melakukan pemindaian pada QR code tersebut menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi tersebut akan menganalisis dan hasilnya berupa risiko infeksi kandung kemih, dehidrasi, dan masalah ginjal.


Perusahaan Pixie Scientific membuat popok pintar ini bekerja sama dengan tim dari University of California, San Francisco. Pihak dari Pixie menyatakan kalau produk tersebut sudah mendapat persetujuan
US Food and Drug Administration
.


Nantinya, produk akan diproduksi secara massal dengan harga US$90. Rencananya baru akan dijual secara bebas pada Maret 2014. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya