Yuk, Intip Makanan Sehat untuk Buka Puasa

semangka
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Berbukalah dengan yang manis. Ungkapan tersebut diucapkan tentunya bukan tanpa alasan. Makanan yang manis memang baik untuk berbuka puasa, karena saat puasa kadar gula darah dalam tubuh cenderung menurun. Sehingga makanan yang mengandung gula dibutuhkan untuk mengembalikan kadar gula normal dalam tubuh.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Sebagai sumber energi yang mudah dicerna dan diserap dalam tubuh, gula membantu tubuh dengan cepat terasa bugar kembali. Meski demikian, bukan berarti saat berbuka puasa Anda diperbolehkan mengonsumsi semua makanan yang mengandung gula.

Agar kadar gula darah tidak naik secara berlebihan, Anda harus bijak memilih makanan manis yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa makanan manis yang sehat dan baik dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Kurma
Mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan sama dengan mengonsumsi multivitamin setiap harinya. Kurma mengandung vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, dan magnesium, yang dapat mencegah sembelit. Selain itu, kurma juga dapat melindungi lambung dan saluran pencernaan dari bakteri berbahaya di dalam tubuh.

2. Apel

Apel memiliki serat yang membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat. Selain itu, wanita yang mengonsumsi satu apel setiap harinya, memiliki risiko sekitar 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2, karena apel mengandung serat larut yang dapat mencegah naiknya gula darah dalam tubuh. Serat larut yang dimiliki apel juga dapat mengikat lemak di dalam usus, yang tentunya membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol Anda. 

3. Kolak Pisang

Jika ingin mengonsumsi kolak saat berbuka puasa, Anda bisa memilih kolak pisang. Kolak pisang biasanya dilengkapi dengan labu kuning dan ubi jalar. Makanan-makanan tersebut, mengandung gula alami yang baik bagi tubuh.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Pisang sendiri, merupakan buah yang padat kalori yang membantu menambah energi dalam tubuh. Sedangkan ubi jalar mengandung vitamin B6, C dan D yang dapat mencegah penyakit jantung, mencegah kanker dan baik untuk tulang. Ubi jalar juga mengandung zat besi dan magnesium yang menjadi obat anti stres. Sementara labu kuning memiliki manfaat sebagai pencegah kanker karena memiliki antioksidan beta karoten yang tinggi.

4. Semangka
Buah yang mengandung banyak air ini tentunya menjadi makanan yang tepat untuk berbuka puasa. Selain manis, kandungan airnya memberikan kesegaran setelah seharian berpuasa.

Selain itu, semangka juga merupakan sumber vitamin A, C dan B6 yang baik. Vitamin A dalam semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata dan antioksidan. Kemudian vitamin C-nya membantu menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel, meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan vitamin B6 membantu fungsi otak dan mengubah protein menjadi energi.

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024