"Roti Maryam Pakai Gulai, Arab Sekali Rasanya"

Pembuatan roti maryam di Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/ Tudji Martudji
VIVAnews
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
- Banyak menu ringan disuka orang untuk berbuka puasa. Salah satunya Gulai plus Roti Maryam, ini salah satu jenis makanan ringan khas Ampel di Surabaya yang paling laris dan diminati.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Harganya juga ringan untuk saku, satu porsi gulai, dibanderol Rp5 ribu, satu  Roti Maryam dibanderol Rp2.500. Harga bisa selisih sedikit, tergantung posisi depot atau pedagang yang mangkal.
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget


Cara memakannya, bisa disantap langsung, tanpa gulai, atau ditambah dengan menambah saos cabai dan cabai rawit. Selain Roti Maryam, pedagang makanan di sekitar Ampel ini juga menjual makanan seperti martabak, ote-ote, lumpia, lapis, donat, perut ayam juga lainnya. Harganya juga setara, tidak lebih dari Rp2 ribu.


"Tiap pulang kerja, saya selalu lewat sini. Dan, pasti membeli untuk santapan ringan buka puasa," ujar Yudi dan isterinya, pembeli jajanan kawasan Ampel. Mereka menyebut, sebelum makan nasi, mengaku lebih nikmat menyantap gulai sebagai buka puasa.


Gulai kambing Maryam khas Ampel ini berisi daging empuk dan kuahnya yang kental bercampur kacang hijau menambah aroma khas dan kelezatan masakan Timur Tengah. Teksturnya kental seperti bubur kacang hijau, dengan rasa gulai yang kaya rempah, dan terasa sangat lezat.


Selain dimakan dengan Roti Maryam, Gulai kambing ini juga bisa ditemani lontong sebagai pilihan alternatif. "Gulainya sangat lezat, dipadu dengan roti, lebih terasa Arab-nya," ujar Itong yang datang bersama tiga temannya ke Ampel khusus untuk menikmati gulai sebagai menu ringan santapan buka puasa.


Dengan, selingan canda ringan, remaja yang mengaku masih kuliah di Surabaya ini mengaku sengaja datang ke Ampel untuk menyalurkan hasrat berbuka puasa. "Sekalian untuk salat Maghrib di Masjid Ampel. Karena saat liburan kuliah nanti pasti pulang mudik ke kampung halaman," lanjutnya.

(umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya