Ini Pemicu Utama Kasus Perceraian

pasangan bertengkar
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Perselisihan dalam sebuah hubungan rumah tangga wajar terjadi. Namun, hati-hati bila sumber argumen pasangan lebih sering karena persoalan keuangan. Sebuah penelitian mengungkap, pasangan yang berselisih soal finansial lebih rentan bercerai daripada mereka yang bertengkar soal anak atau kehidupan seks.
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Penelitian ini mengamati 4.500 pasangan selama beberapa tahun dan menemukan bahwa stres atas kondisi keuangan menempati daftar puncak pemicu perceraian bagi pria dan wanita. 
Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Studi dari Universitas Kansas yang dimuat jurnal Family Relations menyatakan, pertengkaran atas uang lebih intens, lebih lama dan lebih sulit untuk pulih daripada pertengkaran akibat masalah lainnya seperti anak, dan bahkan permasalahan yang kerap terjadi dengan mertua.
Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

Perselisihan soal keuangan bisa terlepas dari jumlah pendapatan atau utang yang dimiliki pasangan. Ketidakcocokan akibat finansial juga bisa terjadi setelah dan bahkan sebelum pernikahan.

Sonya Britt, asisten profesor studi keluarga dan pelayanan manusia di Kansas State University mengatakan, "Anda dapat mengukur argumen soal keuangan saat pertama menikah. Terlepas dari berapa lama pasangan telah bersama, tapi pasangan baru yang telah bertengkar soal uang akan memiliki kepuasan rendah terhadap hubungan." Pernyataannya ini dilansir Daily Mail. 

Semakin lama perbedaan pendapat, semakin renggang hubungan yang dapat berujung perceraian. Pasangan yang berkonsultasi juga sebagian besar akibat persoalan keuangan. Psikolog Kim Stephenson mengatakan, "Perselingkuhan keuangan (berbohong, menyembunyikan, tidak jujur soal uang) meningkat di Inggris dan AS sejak krisis keuangan."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya