4 Tradisi Unik Menyambut Bayi di Kerajaan Inggris

Pangeran William saat masih bayi
Sumber :
VIVAlife -
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Kelahiran bayi laki-laki Pangeran William dan Kate Middleton mencuri perhatian dunia. Semua orang rasanya penasaran dengan rupa, nama dan tentu saja gerak-geriknya kelak akan selalu jadi pemberitaan.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Kerajaan Inggris memang memiliki pesona sendiri. Bukan hanya soal politiknya, tapi juga tradisi menyambut bayi kerajaan yang berlangsung turun-menurun. Tradisi ini ada yang dilakukan oleh Pangeran William dan Kate Middleton tapi ada juga yang tidak. Ada juga tradisi unik yang tak lagi dilakukan. Anda ingin tahu apa saja?
Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe


1. Melahirkan di Istana

Kate Middleton melahirkan putranya di Rumah Sakit St. Mary di pusat kota London. Ini juga merupakan rumah sakit yang sama tempat Pangeran William dilahirkan. Namun beberapa dekade lalu, seperti dikutip dari
Huffingtonpost
, setiap wanita di Kerajaan melahirkan di istana. Seperti Ratu Elizabeth yang dilahirkan di rumah milik kerajaan di Bruton Street, London.


Sementara putranya, Charles, Andrew dan Edward dilahirkan di Istana Buckingham. Putri satu-satunya, Anne dilahirkan di Clarence House, yang juga properti milik kerajaan. Namun tradisi ini berubah pada awal 1980an. Putri Diana melahirkan Pangeran William dan Pangeran Harry di Lindo Wing, RS St. Mary. Kondisi kesehatan ibu dan bayi tampaknya jadi pertimbangan utama.


2. Ayah di ruang bersalin

William mengatakan dia akan selalu berada di samping Kate saat proses melahirkan. Ia mengikuti langkah sang ayah yang menemani Putri Diana saat melahirkan. Ini sedikit berbeda dengan kondisi sang kakek, Raja Philip. Saat Ratu Elizabeth melahirkan Charles, sang suami, Raja Philip justru bermain squash di istana.


3. Utusan dari pemerintah di ruang bersalin

Pada awal 1900 dan mungkin sebelumnya, adat menentukan bahwa pejabat pemerintah harus hadir ketika bayi kerajaan lahir. Ketika Ratu lahir misalnya pada 1926, sekretaris negara, hadir di antara para dokter.


Theresa May, yang jadi utusan pemerintah saat itu mengatakan tradisi berabad-abad ini dibutuhkan sebagai saksi. Bahwa bayi yang lahir benar-benar merupakan keturunan Kerajaan dan bukan diselundupkan. Untungnya, tradisi ini dihapuskan oleh George VI tahun lalu.


4. Dentuman meriam sambut kelahiran

Hal yang tak berubah dan juga ditunggu rakyat Inggris adalah dentuman meriam menyambut kelahiran bayi kerajaan. Sebanyak 62 peluru akan ditembakkan dari Tower London dan 41 dari Green Park, dekat Istana Buckingham Palace,. Ini merupakan pengumuman kepada seluruh masyarakat Inggris dan dunia bahwa telah lahir penerus baru Kerajaan Inggris. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya