Bunga Bangkai Mekar di AS Tarik Perhatian Pengunjung

Bunga bangkai di AS
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing
VIVAlife
Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK
- Bunga bangkai atau titan arum merupakan salah satu bunga langka di dunia. Bunga raksasa asal Indonesia ini biasanya hanya bisa dijumpai di kebun botani atau penangkar-penangkar spesialis. Sebagai contoh di United States (US) Botanic Garden, Washington DC, Kebun Raya Bonn di Jerman, dan Kebun Raya Bogor di Indonesia.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Di Amerika, kehadiran bunga bangkai yang tengah mekar mampu menarik perhatian banyak pengunjung. Selain ukurannya yang besar, umumnya pengunjung penasaran dengan bau bunga bangkai yang dianggap menyerupai daging busuk.
Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako


Ahli botanis di US Botanic Garden, Bob Willeby menuturkan, butuh banyak energi bagi bunga bangkai untuk mekar hingga memiliki tinggi 2-3 meter. Untuk diketahui bunga bangkai di US Botanic Garden baru saja mekar untuk pertama kalinya sejak tujuh tahun terakhir pada Minggu malam, 21 Juli 2013.


"Ini merupkan kejadian yang tidak biasa. Hal ini jarang terjadi di seluruh Amerika dan di dunia pada umumnya," ucap Willeby seperti dilansir laman
Voa
.


Kerumunan pengunjung tampak menyambangi bunga bangkai yang baru saja mekar tersebut pada Senin pagi. Namun, beberapa di antaranya kecewa karena tidak bisa mencium bau busuk dari bunga tersebut. Menurut salah seorang pendidik di Botanic Garden, Todd Brethauer, bunga bangkai mengeluarkan bau berdasarkan siklus.


"Puncak produksi bahan kimia berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jerman dan Jepang, terjadi sekitar tengah malam dan kemudian berhenti sekitar pukul empat pagi," ujar Brethauer.


Meski demikian, hanya beberapa orang beruntung yang menyaksikan mekarnya bunga bangkai. Tumbuhan tersebut biasanya roboh setelah 24-48 jam kemudian.  (eh)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya