Cegah Tulang Keropos dengan 8 Makanan Kaya Vitamin D

Ilustrasi Jamur
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Kepadatan tulang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu kesehatan tulang adalah hal yang harus dijaga sejak dini.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin D merupakan salah satu cara memiliki tulang yang kuat dan tidak mudah keropos. Walaupun sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, jumlah makanan yang mengandung vitamin D terbilang cukup sedikit.

Berikut daftarnya seperti dilansir laman Boldsky.

Jamur
Jamur adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Jamur memiliki konsentrasi nutisi ini yang cukup tinggi. Berbeda dengan kebanyakan jenis sayuran lainnya, jamur juga kaya akan zinc dan protein.

Minyak ikan cod
Asupan yang satu ini seringkali dijadikan suplemen. Minyak berasal dari hati ikan cod yang diekstrak menjadi kapsul dan sangat kaya akan vitamin D.

Ikan tuna
Beberapa ikan yang hidup di lautan dengan suhu dingin mengandung vitamin D yang cukup banyak. Salah satunya ialah ikan tuna yang ternyata sangat tinggi akan vitamin D. Pastikan Anda mengkonsumsi ikan tuna yang segar dan bukan yang kalengan karena ikan tuna segar masih memiliki kandungan sodium yang tinggi.

Telur
Telur juga mengandung vitamin D walaupun tidak mampu mencukupi asupan yang disarankan sehari-hari. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan lain yang kaya akan vitamin D selain telur.

Kaviar
Makanan termahal di dunia ini selain lezat juga sangat tinggi akan kadar vitamin D. Kaviar juga mampu membantu Anda memiliki jantung yang sehat.

Kedelai
Bagi Anda yang kekurangan vitamin D, mungkin sudah saatnya untuk mengganti susu biasa dengan susu kedelai. Begitu juga mengganti produk susu seperti keju dengan tahu atau produk kedelai lainnya. Susu hanya mengandung kalsium, sedangkan kedelai mengandung kalsium serta vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang Anda.

Ikan salmon
Salmon merupakan salah satu ikan yang hidup di perairan yang dingin dan sangat tinggi akan kandungan vitamin D. Untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, cara terbaik memasak salmon adalah dengan dibakar atau dipanggang.

Kerang
Jenis seafood yang satu ini tak hanya lezat namun juga kaya akan jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain vitamin D, kerang juga tinggi akan kandungan vitamin B12, selenium, dan zat besi. (eh)

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024