Perankan Bung Karno, Ario Bayu Belajar dari Video dan Buku

Ario Bayu Berperan di Film Soekarno
Sumber :
  • filmsukarno.com

VIVAlife - Sukses berperan dalam Dead Mine dan Java Heat, aktor kawakan Ario Bayu didapuk menjadi pemeran utama dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka!. Tak tanggung-tanggung, dalam film garapan Hanung Bramantyo itu Ario harus memerankan sosok Presiden Soekarno.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Uniknya, ia belum banyak mengenal sosok bapak proklamator Indonesia itu.
"Saya kan umur 8 tahun sudah ke Selandia Baru," ucap Ario saat ditemui di sela-sela syuting filmnya di Kebun Raya Bogor.

Sebenarnya, ia sudah mengenal nama Soekarno sejak SD. Namun, yang ia tahu saat itu sebatas Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia. Tak ayal, Ario pun harus mencari banyak referensi untuk bisa menghidupkan semangat Bung Karno dalam dirinya.

Untuk itu, ia berusaha mencari banyak referensi, baik dari buku maupun video rekaman. Ia meresapi energi Soekarno dengan menerapkan pertanyaan di dalam dirinya: mengapa manusia ingin merdeka dari penjajahan.

Pj Gubernur Sumsel Gandeng Kadin Percepat Realisasi Program Gerakan Serentak

"Seperti di jurnalisme kan ada 5W+1H, saya terapkan itu untuk menjadi seperti dia. Kayak teater saja, bagaimana kita memainkan peran. Bukan kesulitan, tapi prosesnya," kata Ario berfilosofi.

Ia banyak menggali riwayat Bung Karno. Mulai dari sekolahnya, rekam jejak pendidikannya, sampai pribadinya. Hingga akhirnya Ario bisa memahami dan menghayati betapa Soekarno menginginkan perubahan untuk rakyat Indonesia. Ia juga mencoba memahami Pancasila, yang menurutnya sudah mulai dilupakan saat ini.

"Soekarno itu kompleks. Dia, Hatta, dan Sjahrir berjuang dengan tidak picik," ucapnya lagi. (ren)

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini
Mahalini di tengah keluarga Sule

Potret Mahalini Lebaran Bareng Rizky Febian dan Sule, Baju Seragam Bikin Salfok

Di hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2024 ini, Mahalini ikut merayakannya bersama Rizky dan juga keluarga termasuk Sule, ayah dari Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024