Ingin Hidup Bahagia? Ketahui Rumusnya

Ilustrasi pasangan usia senja
Sumber :
  • istock
VIVAlife -
Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Selama bertahun-tahun para filsuf berusaha mencari rahasia arti dan sumber kebahagiaan dalam eksistensi manusia. Baru-baru ini, seorang peneliti mengklaim menemukan formula rahasia hidup bahagia.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Dalam penelitiannya, Dr Todd Kashdan, menemukan sebuah persamaan yang disebut Formula Bahagia. Di dalamnya, terdapat enam faktor yang bila disatukan dengan kombinasi yang tepat akan membuat seseorang menemukan kebahagiaan.
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House


Faktor-faktor tersebut adalah: Hidup saat ini (M), Selalu ingin tahu (C), Lakukan sesuatu yang dicintai (L), Peduli sesama (T),  memelihara hubungan (N), dan memperhatikan kesehatan (B). Kashdan menemukan, rumus kebahagiaan adalah (Mx16 + + CX1 LX2) + (TX5 + + NX2 Bx33).

 

Dr Kashdan, penulis buku
"Curious?  Discover The Missing Ingredient to Fullfilling Life"
melakukan analisis selama bertahun-tahun sebelum menemukan formula rahasia tersebut. "Tidak ada rahasia tunggal untuk merasa bahagia, tetapi ketika enam hal secara hati-hati diperhatikan dalam dosis tepat, Anda akan berada dalam jalur hidup bahagia," ucapnya seperti dikutip
Daily Mail.


Dia menambahkan, setiap faktor membutuhkan sedikit usaha agar dapat mencapainya. "Ketahuilah, kerja keras akan berbuah prestasi yang sesuai," katanya.


Berikut enam faktor kebahagiaan:


M: Hidup di saat ini - Ingatkan diri untuk selalu hargai segala sesuatu yang ada di sekitar saat bangun tidur.  


C: Selalu penasaran - eksplorasi hal- hal lain yang berbeda dari rutinitas


L: Lakukan sesuatu yang dicintai - lakukan hal-hal yang membuat Anda bersemangat. Jadikan bekerja sambil bersenang-senang.


T: Peduli sesama - Puji orang yang berbuat baik, lakukan perbuatan baik pada sesama dan dengarkan keluhan orang lain. Lakukan lima kali dan Anda akan merasa senang bisa menyenangkan orang lain.


N: Pelihara hubungan - Dedikasikan waktu untuk pasangan, teman dan anggota keluarga dua kali sehari. Ilmuwan menemukan, melihat orang yang dekat dengan kita merasa bahagia akan membawa perubahan besar pada diri seseorang.


B: Jaga tubuh - Berolahraga dan bergerak aktif, sedikitnya 30 menit sehari serta makan sehat tiga kali sehari akan menjamin tubuh yang lebih fit.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya